21 January 2021, 14:45 WIB

Tiongkok Beri Sanksi ke Pampeo dan Pejabat Era Trump Lainnya


Nur Aivanni | Internasional

TIONGKOK, memberikan sanksi kepada 28 anggota dan mantan pejabat AS di era Presiden AS Donald Trump, termasuk di antaranya Menteri Luar Negeri Mike Pompeo. Mereda dituding melanggar kedaulatan negara dengan membuat kebijakan 'gila'. Langkah itu dilakukan ketika Presiden AS Joe Biden mengambil sumpah jabatan di Washington.

"Selama beberapa tahun terakhir, beberapa politisi anti-Tiongkok di Amerika Serikat, karena kepentingan politik mereka yang egois dan prasangka serta kebencian terhadap Tiongkok dan tidak memedulikan kepentingan rakyat Tiongkok dan Amerika, telah merencanakan, mendorong dan melakukan serangkaian gerakan gila," kata Kementerian Luar Negeri Tiongkok dalam sebuah pernyataan, Rabu (20/1).

Tindakan itu, tambahnya, telah sangat mencampuri urusan dalam negeri Tiongkok, merusak kepentingan Tiongkok, menyinggung rakyat Tiongkok dan sangat mengganggu hubungan Tiongkok-AS.

"Tiongkok telah memutuskan untuk memberikan sanksi kepada 28 orang yang telah secara serius melanggar kedaulatan Tiongkok dan yang terutama bertanggung jawab atas tindakan AS terhadap masalah terkait Tiongkok," kata kementerian luar negeri.

Selain Pompeo, mereka yang terkena sanksi termasuk penasihat perdagangan Trump, Peter Navarro, penasihat keamanan nasional Robert O'Brien, asisten sekretaris untuk urusan Asia Timur dan Pasifik David Stilwell, menteri kesehatan Alex Azar dan utusan PBB Kelly Craft.

Beijing juga memberikan sanksi kepada mantan penasihat keamanan nasional Trump, John Bolton, dan mantan penasihat senior Steve Bannon.

Pejabat dan anggota keluarga mereka, kata kementerian luar negeri, akan dilarang memasuki Tiongkok, Hong Kong dan Makau. "Mereka dan perusahaan serta institusi yang terkait dengan mereka juga dilarang berbisnis dengan Tiongkok," tambahnya. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Taiwan Diundang ke Pelatikan Presiden AS Pertama Sejak 1979

BERITA TERKAIT