21 January 2021, 11:16 WIB

Maduro Berharap Biden Perbaiki Hubungan AS dan Venezuela


Basuki Eka Purnama | Internasional

PRESIDEN Venezuela Nicolas Maduro, Rabu (20/1), mengaku berharap ada hubungan yang baik dengan Washington pascapelantikan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, setelah Caracas memutus hubungan diplomatik dengan pemerintahan Donald Trump.

"Kami mengatakan kepada AS, kami ingin memperbaiki hubungan, hubungan yang saling menghormati, dan hubungan dengan masa depan," ujar Maduro.

Dia mengajak DPR Venezuela, Majelis Nasional, untuk mengambil inisiatif membuka hubungan baru dengan AS.

Baca juga: Biden Wajibkan Pakai Masker di Gedung Federal

Setelah bertahun-tahun menjalin hubungan yang tidak harmonis, Caracas dan Washington memutus hubungan diplomatis pada 23 Januari 2019, ketika Trump mengakui pemimpin oposisi Juan Guaido sebagai presiden interim Venezuela.

Kandidat Menteri Luar Negeri AS pilihan Biden, Anthony Blinken, mendeskripsikan Maduro sebagai diktator brutal dan mendukung kebijakan Trump mengakui Guaido.

Pemerintahan Trump menjatuhkan sanksi bagi pemerintahan sosialis Venezuela, memberlakukan embargo minyak, menolak mengakui kemenangan Maduro di pemilu 2018, dan hal lainnya.

Pengamat yakin pemerintahan Biden akan mengambil sikap yang lebih moderat dan mendukung mediasi bagi transisi menuju pemerintahan baru di Venezuela. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT