20 January 2021, 10:45 WIB

Vogue Rilis Foto Cover Kamala Harris Baru Pascakontroversi


Basuki Eka Purnama | Internasional

VOGUE akan merilis edisi terbatas dari terbitan teranyar mereka yang menampilkan foto berbeda dari wakil presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Kamala Harris setelah foto kover aslinya menuai kontroversi. Hal itu diungkapkan majalah tersebut, Selasa (19/1).

Kritik mengecam foto majalah Vogue edisi Februari karena dianggap disusun dengan buruk dan merendahkan raihan Harris sebagai perempuan kulit hitam pertama yang terpilih sebagai wakil presiden AS.

Pengguna media sosial mengkritik pencahayaan foto yang menampilkan Harris mengenakan blazer, celana jeans, dan sepatu kets. Mereka mempertanyakan apakah Vogue berusaha memutihkan kulit Harris.

Baca juga: Biden Gelar Upacara Penghormatan Bagi Korban Covid-19

Pascakecaman itu, Vogue mengumumkan mereka akan merilis sejumlah kopi yang menampilkan Harris berpakaian lebih formal dengan pantsuit Michael Kors. Foto itu telah menggantikan foto kover edisi digital.

"Sebagai pengakuan atas ketertarikan yang tinggi pada kover digital dan merayakan momen bersejarah ini, kami akan menerbitkan dalam jumlah terbatas edisi khusus pelantikan presiden AS," ungkap seorang juru bicara Vogue.

Editor majalah Vogue Anna Wintour terpaksa turun tangan membela foto kover Harris yang beredar di dunia maya dengan menegaskan majalahnya tidak berniat merendahkan kemenangan luar biasa Harris dalam pemilu AS.

Kritikus fesyen Robin Givhan, dalam kolom di Washington Post, menyebut foto kover Vogue tidak memberikan penghargaan yang layak bagi Harris.

Kedua foto itu diambil oleh fotografer AS Tyler Mitchell, yang pada 2018 menjadi fotografer kulit hitam pertama yang memotret untuk kover majalah Vogue dengan ikon musik Beyonce.

Harris tidak secara terbuka bereaksi mengenai kover majalah Vogue itu namun seorang sumber mengatakan wakil dari Joe Biden itu mengaku terkejut dengan pilihan majalah fesyen itu. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT