19 January 2021, 19:50 WIB

Tiongkok Bangun Pusat Karantina Covid-19 Berkapasitas 4.000 Orang


 Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

TIONGKOK tengah membangun pusat karantina Covid-19 yang sangat besar di pinggiran Kota Shijiazhuang, Provinsi Hebei, untuk meredam wabah Covid-19 yang merebak di kota itu.

Fasilitas yang diperkirakan siap dalam beberapa hari tersebut akan cukup besar untuk memindahkan seluruh desa jika ada virus yang muncul kembali secara lokal.

Sejauh ini, Tiongkok telah mampu mengendalikan virus tetapi masih mengalami serentetan wabah kecil yang terlokalisasi. Pemandangan di luar Shijiazhuang, Provinsi Hebei, mengingatkan pada upaya Beijing awal tahun lalu untuk membangun rumah sakit lapangan darurat di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, dalam beberapa hari setelah munculnya virus.

Bangunan karantina di Shijiazhuang dilengkapi dengan kamar mandi, wifi, dan AC dan akan menampung kontak dekat pasien virus yang dikonfirmasi.

CCTV penyiar negara menunjukkan para pekerja dengan rompi hi-vis dan topi keras merakit struktur seperti kabin dalam gelap.

“Fasilitas tersebut diperkirakan memiliki cukup ruangan untuk menampung lebih dari 4.000 orang setelah selesai dibangun,” kata CCTV. (Aiw/OL-09)

BERITA TERKAIT