14 January 2021, 13:04 WIB

Perenang Olimpiade Didakwa Terkait Penyerbuan Capitol


Basuki Eka Purnama | Internasional

PERENANG peraih medali emas Olimpiade Klete Keller, Rabu (13/1), didakwa Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) atas keikutsertaannya dalam penyerbuan ke Gedung Kongres bersama para pendukung Presiden AS Donald Trump.

Keller terekam kamera menjadi bagian gerombolan yang masuk secara ilegal ke dalam Gedung Capitol setelah mereka melewati garis polisi dan memaksa masuk.

Pernyataan yang mendampingi dakwaan itu mengatakan polisi mengidentifikasi perenang itu melalui jaket timnas yang menampilkan logo USA di punggung dan emblem bertuliskan Tim Olimpiade AS di bagian lengan.

Baca juga: Sempat Dicuri, Mimbar Pelosi Kembali ke Capitol

Keller didakwa masuk tanpa izin, melakukan aksi kekerasan, dan melawan penegak hukum.

Perenang berusia 38 tahun itu berlaga di Olimpiade 2000, 2004, dan 2008. Dia memenangkan dua medali emas dan satu medali perak di nomor estafef 2x400 meter dan dua medali perunggu di nomor gaya bebas 400 meter.

Medali emas renang nomor estafet pada 2004 merupakan yang paling terkenal setelah tim AS yang mencakup Michael Phelps sukses mengatasi tim Australia yang dimotori juara dunia Ian Thorpe.

Tampil di posisi jangkar, Keller sukses mengatasi perlawanan Thorpe dan mengakhiri dominasi Australia di nomor tersebut.

Namun, kehidupan Keller selepas Olimpiade tidak karuan dengan perceraian, berulang kali PHK, dan menjadi tunawisma. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT