14 January 2021, 08:11 WIB

Brasil dapat Vaksin AstraZeneca dari India


Basuki Eka Purnama | Internasional

BRASIL, Rabu (13/1), mengatakan telah mengimpor 2 juta vaksin vaksin covid-19 Covishield buatan AstraZeneca dari India.

Vaksin itu menjadi tambahan dari 10 juta dosis vaksin CoronaVac asal Tiongkok yang akan digunakan untuk kampanye vaksinasi covid-19 di Brasil, bulan ini.

Negara terbesar di Amerika Selatan itu merupakan negara paling parah kedua yang dihantam pandemi covid-19. Virus korona itu telah menewaskan lebih 204 ribu orang dari 212 juta populasi Brasil.

Baca juga: Penambahan Kasus Covid-19 di Spanyol Nyaris Capai 40.000 per Hari

Brasil telah mengirimkan pesawat yang dilengkapi alat pendingin khusus ke India untuk mengambil vaksin AstraZeneca, yang diproduksi perusahaan farmasi Inggris-Swedia bekerja sama dengan Universitas Oxford.

Pesawat itu akan kembali ke Brasil pada Sabtu (16/1), sehari sebelum otoritas kesehatan Brasil, Anvisa, dijadwalkan mengumumkan apakah mereka memberi lampu hijau bagi vaksin Covishield dan CoronaVac untuk digunakan di negara itu.

"Vaksinasi akan dimulai maksimal lima hari setelah mendapatkan izin," ujar kementerian kesehatan Brasil.

"Kami akan memulai vaksinasi pada Januari dengan Manaus menjadi kota pertama yang melakukan vaksinasi," lanjut Menteri Kesehatan Brasil Eduardo Pazuello mengacu pada kota di Amazon yang parah terhantam pandemi.

Di Manaus, tempat gambar kuburan massal dan jenazah ditumpuk di truk berlemari pendingin, April lalu. sistem kesehatan kembali kewalahan saat Brasil menghadapi gelombang kedua covid-19. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT