13 January 2021, 16:09 WIB

Irlandia Catat Tingkat Penularan Covid-19 Tertinggi di Dunia


Nur Aivanni | Internasional

DI tengah gelombang ketiga infeksi Covid-19, Irlandia kini memegang gelar sebagai negara dengan tingkat penularan tertinggi di dunia.

Negara berpenduduk 5 juta itu telah menderita 2.397 kematian karena Covid-19 hingga saat ini dan mendapat pujian atas cara mereka menangani dua gelombang pandemi sebelumnya.

Pada Desember, negara itu memiliki tingkat insiden terendah di Uni Eropa setelah menjadi negara anggota pertama yang meluncurkan penguncian wilayah kedua.

Ada 1.288 kasus yang dikonfirmasi per satu juta populasi pada Senin (11/1) menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas Oxford - menempatkan Irlandia di urutan pertama, di depan Republik Ceko dan Slovenia.

Irlandia secara resmi telah mencatat lebih dari 93.000 kasus pada 1 Januari 2021, tetapi angka itu melonjak menjadi lebih dari 150.000 pada Senin (11/1).

Pada Selasa (12/1), Swiss mengumumkan karantina terhadap pelancong Irlandia ketika Direktur Kedaruratan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Michael Ryan mengatakan negara itu mengalami salah satu peningkatan insiden penyakit paling akut di negara mana pun.

Menurut angka pada Selasa, ada 1.700 pasien yang dirawat di rumah sakit karena virus, hampir dua kali lipat dari puncak yang tercatat pada gelombang pertama di Irlandia awal tahun lalu.

Penguncian wilayah ketiga telah membuat sekolah, ritel non-esensial, dan sektor perhotelan ditutup total.

Pekan lalu, Perdana Menteri Micheal Martin mengatakan petugas kesehatan menghadapi 'tsunami infeksi'.

Kecuali Anda terlibat dalam pekerjaan yang sangat penting, Anda tidak punya alasan untuk jauh dari rumah," katanya seraya memperingatkan publik. (CNA/Nur/OL-09)

BERITA TERKAIT