13 January 2021, 09:33 WIB

Jerman Catat Kasus Pertama Varian Baru Covid-19 Afrika Selatan


Nur Aivanni | Internasional

JERMAN, Selasa (12/1), mencatat kasus pertama varian covid-19 yang melanda Afrika Selatan, yaitu seorang anggota keluarga yang pulang dari negara itu, Desember lalu.

"Setelah kedatangan mereka (pada 13 Desember), keluarga tersebut memasuki karantina dan diuji lima hari kemudian. Hasilnya negatif," kata juru bicara kementerian sosial di Negara Bagian Baden-Wuerttemberg, Jerman, dalam sebuah pernyataan.

"Minggu berikutnya, anggota dari keluarga itu mengalami gejala penyakit ringan," tambahnya.

Baca juga: Tunisia akan Berlakukan Lockdown Covid-19 Selama Empat Hari

Sementara itu, tercatat enam kasus covid-19 dari tiga rumah tangga.

Pada Senin (11/1), pengurutan genetik dilakukan di sebuah laboratorium di rumah sakit Charite Berlin dengan sampel swab dari anggota keluarga yang jatuh sakit dan diidentifikasi sebagai varian virus B.1.351. Itu juga dikenal dan telah diidentifikasi oleh Afrika Selatan, sebagai 501Y.V2.

Sampel swab yang diambil dari orang-orang yang melakukan kontak dengan pasien itu, kata juru bicara tersebut, sekarang sedang diuji.

Varian baru covid-19 yang ditemukan para ilmuwan Afrika Selatan, Desember lalu, memicu lonjakan infeksi di seluruh negeri dan meningkatkan kekhawatiran global.

Varian Afrika Selatan juga telah terdeteksi di Inggris, Finlandia, Prancis, dan Israel. Swiss, Denmark, dan Inggris telah melarang pelancong dari Afrika Selatan masuk ke negara-negara tersebut. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT