13 January 2021, 09:06 WIB

Tunisia akan Berlakukan Lockdown Covid-19 Selama Empat Hari


Basuki Eka Purnama | Internasional

TUNISIA, Selasa (12/1), mengumumkan akan memberlakukan lockdown covid-19 selama empat hari pada pekan ini seiring semakin berbahayanya penyebaran virus korona di negara Afrika Utara itu.

Lockdown yang mencakup jam malam antara pukul 16.00--sebelumnya dimulai pukul 20.00--hingga pukul 06.00 akan diberlakukan mulai Kamis (14/1), bersamaan dengan peringatan 10 tahun penggulingan diktator Zine El Abidine Ben Ali.

Tunisia, negara tempat dimulainya Arab Spring, mengalami masalah ekonomi dan sosial yang semakin diperparah oleh pandemi covid-19.

Baca juga: Thailand Terima Permohonan Izin Vaksin AstraZeneca dan Sinovac

Di awal pandemi, Tunisia hanya mencatatkan sekitar 50 kematian akibat covid-19. Namun, gelombang kedua menghantam Tunisia dengan keras. Ribuan kasus baru dan puluhan kematian dilaporkan setiap harinya.

Tunisia kini mencatatkan 5.284 kematian dari 162.350 kasus covid-19.

Direktur Badan Nasional Penyakit Baru Tunisia Nissaf Ben Alya, pihak yang merekomendasikan aturan lockdown itu, memperingatkan bahwa kondisi di Tunisia sangat berbahaya dengan rumah sakit berada di ambang kemampuan mereka untuk merawat pasien.

Rumah sakit Tunisia telah melaporkan kehabisan tempat tidur di ruang perawatan intensif.

Menteri Kesehatan Tunisia Faouzi Mehdi mengatakan pelajaran di sekolah dan universitas akan dibekukan antara 13 dan 24 Januari.

Mehdi menunding meroketnya angka kasus covid-19 di negara itu karena warga tidak menghormati protokol kesehatan. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT