13 January 2021, 07:30 WIB

Vaksin Covid-19 CoronaVac Tunjukkan Kemanjuran 50,4% di Brasil


Nur Aivanni | Internasional

VAKSIN virus korona yang dikembangkan oleh Sinovac Biotech Tiongkok 50,4 persen efektif dalam mencegah infeksi gejala dalam uji coba di Brasil. Hal itu disampaikan oleh para peneliti pada Selasa (12/1). Hasil terbaru tersebut adalah kekecewaan besar bagi Brasil, karena vaksin Tiongkok adalah salah satu dari dua vaksin yang telah disiapkan oleh pemerintah federal untuk memulai imunisasi selama gelombang kedua wabah covid-19.

Pekan lalu, para peneliti Brasil merayakan hasil yang menunjukkan 78 persen kemanjuran terhadap kasus covid-19 ringan hingga berat, tingkat yang kemudian mereka gambarkan sebagai kemanjuran klinis.

"Ini adalah vaksin yang aman dan efektif yang memenuhi semua kriteria untuk membenarkan penggunaannya dalam keadaan darurat," kata Direktur Butantan Institute Dimas Covas.

Uji coba yang digunakan pada 12.500 sukarelawan tidak menimbulkan efek samping atau reaksi alergi yang signifikan. Meski vaksin tersebut telah mencapai target efikasi minimal 50 persen yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), vaksin itu jauh di belakang vaksin lain yang diproduksi oleh Moderna (94 persen) dan Pfizer/BioNTech (95 persen).

Jumat lalu, Butantan menyerahkan permintaan otorisasi vaksin pertama kepada badan pengawas kesehatan Brasil ANVISA. Beberapa jam kemudian diikuti oleh permintaan dari pembuat vaksin AstraZeneca/Oxford. Brasil telah mencatat lebih dari 203.000 kematian akibat covid-19 dan lebih dari delapan juta kasus di antara 212 juta populasinya.

baca juga: Herd Immunity tidak Mungkin di 2021

Negara bagian Sao Paulo akan mulai mengimunisasi 12 juta warganya mulai 25 Januari. Beijing telah mengirim 10,7 juta dosis CoronaVac dan persediaan yang dibutuhkan untuk membuat 40 juta dosis lagi. Namun, Kementerian Kesehatan belum membocorkan kapan akan meluncurkan program imunisasi nasional. (AFP/CNA/OL-3)

BERITA TERKAIT