13 January 2021, 05:21 WIB

Perenang Olimpiade AS Termasuk Penyerbu Gedung Capitol


Basuki Eka Purnama | Internasional

PERENANG Amerika Serikat (AS) yang dua kali tampil di Olimpiade, Klete Keller, diidentifikasi sebagai bagian dari gerombolan pendukung Presiden AS Donald Trump yang menyerbu Gedung Capitol, pekan lalu.

Surat kabar The New York Times dan SwimSwam, laman daring berita renang, melaporkan Keller berada di antara para pendukung Trump yang melakukan aksi demonstrasi yang berujung ricuh, Rabu (6/1) lalu.

Video yang diunggah laman daring konservatif Townhall memperlihatkan gambar perenang setinggi 1,98 meter itu mengenakan jaket tim Olimpiade AS di dalam Rotunda Gedung Capitol saat polisi mengusir para pendukung Trump.

Baca juga: Trump-Pence kembali Galang Kekuatan

The Times melaporkan sejumlah mantan rekan setim dan pelatih telah mengidentifikasi Keller sementara SwimSwam mengatakan 12 orang juga mengidentifikasi perenang itu.

Keller tidak melakukan aksi perusakan dalam video itu namun berada di Gedung Capitol bisa membuat polisi melakukan penyelidikan terkait tuduhan masuk tanpa izin dan melakukan aksi yang melanggar ketertiban.

The Times mengatakan Keller telah menghapus akun media sosialnya yang berisi pesan-pesan pro-Trump.

Perenang berusia 38 tahun itu merupakan rekan setim legenda renang AS Michael Phelps saat meraih medali emas Olimpiade 2004 dan 2008 di nomor estafet 4x200 meter.

Keller juga memenangkan medali perak di nomor yang sama di Olimpiade 2000 dan medali perunggu nomor 400 meter di Olimpiade 2000 dan 2004. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT