13 January 2021, 01:20 WIB

Presiden Portugal Positif Covid-19


MI | Internasional

PRESIDEN Portugal Marcelo Rebelo de Sousa, kemarin, dinyatakan positif covid-19. 

De Sousa telah memberi tahu Perdana Menteri Antonio Costa dan Menteri Kesehatan Marta Temido tentang situasi tersebut. “Rebelo de Sousa akan mengisolasi diri di kediaman resminya di Lisbon,” kata sumber kepresidenan.

Menurut harian The Guardian, hasil tes positif terungkap seusai presiden melakukan kontak dengan seseorang yang terinfeksi dan
melanjutkan jadwal kerjanya. Namun, kantor presiden mengatakan pria berusia 72 tahun itu tidak menunjukkan gejala.

Rebelo de Sousa yang sedang mengupayakan masa jabatan kedua dalam pemilihan pada 24 Januari 2021 itu masih memiliki satu debat presiden serta pertemuan dengan para ahli kesehatan untuk membahas rincian lockdown, tetapi kantornya mengatakan dia telah membatalkan semua kegiatan publik.

Sementara itu, di Meksiko, ratusan restoran di ibu kota tetap beroperasi meski melanggar peraturan pemerintah. Para pemilik restoran mengatakan mereka menghadapi pilihan yang sulit mengikuti perintah penutupan tempat usaha dengan risiko bangkrut atau tetap buka. Secara total, lebih dari 500 restoran dianggap melanggar perintah penutupan.

“Kami sangat putus asa sehingga kami memilih membuka restoran. Jika tidak, kami bisa bangkrut. Kami bukan membangkang, melainkan kami tidak ada pilihan lain,” kata pemilik restoran Quebracho di Distrik Cuauhtemoc, Giulliano Lopresti.

Quebracho dibuka kembali dengan sekitar seperempat kursi yang tersedia untuk memungkinkan penerapan jaga jarak sosial. Hal itu diikuti pemeriksaan suhu tubuh dan kewajiban memakai masker wajah.

Restoran lain yang berada di jalan yang sama juga memutuskan untuk menyambut pengunjung. Sebagian besar dari mereka mengatakan layanan pengantaran makanan ke rumah tidak cukup untuk menutupi biaya usaha.

Korban kematian akibat covid-19 di Meksiko telah mencapai sekitar 134 ribu orang, dengan lebih dari 1,5 juta kasus. (AFP/Aiw/Nur/X-11)

BERITA TERKAIT