12 January 2021, 11:25 WIB

Afsel Perpanjang Pembatasan Covid-19


Basuki Eka Purnama | Internasional

PRESIDEN Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Senin (11/1), memperpanjang kebijakan pembatasan covid-19 dan membatasi perjalanan darat lintas batas dalam upaya menekan angka kasus virus korona di negara itu.

Negara Afrika yang paling parah dihantam pandemi covid-19 itu kembali memberlakukan lockdown sebagian pada bulan lalu untuk menekan meroketnya kasus covid-19.

Penjualan alkohol di Afsel dilarang untuk mengurangi tekanan terharap rumah sakit. Pertemuan berskala besar juga dilarang, taman ditutup, dan jam malam diberlakukan pad apukul 21.00.

Baca juga: Biden Terima Dosis Kedua Vaksin Covid-19

Ramaphosa, Senin (11/1), mengatakan pembatasan itu akan diperpanjang hingga waktu yang belum ditentukan.

"Kaminet telah memutuskan untuk mempertahankan negara dalam level siaga 3. Mayoritas pembatasan yang diberlakukan pada 28 Desember 2020 akan tetap berlaku," ujar Ramaphosa.

Sebagai tambahan, Ramaphosa mengatakan perjalanan darat di 20 titik masuk Afsel akan dibatasi hingga pertengahan Februari.

Meski begitu, kendaraan pengangkut bahan bakar, kargo, dan barang kebutuhan pokok akan diizinkan.

Pembatasan perjalanan itu dilakukan setelah ribuan orang berusaha masuk ke Afsel untuk melarikan diri dari kebijakan lockdown yang diberlakukan di negara tetangga, Zimbabwe, pekan lalu. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT