06 January 2021, 15:27 WIB

Selangkah Lagi Demokrat Kuasai Senat di Negara Bagian Georgia


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

RAPHAEL Warnock dari Partai Demokrat memenangi salah satu dari dua pemilihan Senat Negara Bagian Georgia, Amerika Serikat (AS). Dia menjadi senator kulit hitam pertama dalam sejarah negara bagiannya dan menempatkan mayoritas Senat dalam jangkauan Demokrat.

Fokus sekarang beralih ke pemilihan kedua antara Perdue, mantan eksekutif bisnis berusia 71 tahun yang memegang kursi Senat sampai masa jabatannya berakhir pada hari Minggu dengan Jon Ossoff mantan asisten kongres dan jurnalis berusia 33 tahun.

Jika Ossoff menang, Demokrat akan memiliki kendali penuh atas Kongres, memperkuat posisi Presiden terpilih Joe Biden saat dia bersiap untuk menjabat pada 20 Januari 2021 mendatang.

Kemenangan Warnock adalah simbol perubahan yang mencolok dalam politik Georgia karena semakin banyak pemilih yang berpendidikan tinggi dan beragam, melenturkan kekuasaan mereka di wilayah ujung selatan AS.

Kemenangan tersebut sekaligus menjadi akhir dari hampir dua dekade di mana Demokrat telah ditutup dari jabatan di seluruh Negara Bagian Georgia.

Warnock, 51, mengakui kemenangannya yang mustahil dalam sebuah pesan kepada para pendukungnya Rabu (6/1) pagi. Dia mengutip pengalaman keluarganya yang dulu hidup dalam kemiskinan. Dia bercerita bahwa saat remaja, ibunya sering memetik kapas orang lain.

“Suatu hari, karena ini Amerika, tangan berusia 82 tahun yang biasa memetik kapas orang lain, memilih putra bungsunya untuk menjadi senator Amerika Serikat,” katanya.

“Malam ini, kita buktikan dengan harapan, kerja keras dan orang-orang di sisi kami, segalanya mungkin,” imbuhnya.

“Ada pekerjaan yang harus kita lakukan di sini. Ini adalah permainan inci. Kami akan memenangkan pemilihan ini,” ujar Loeffler, mantan pengusaha wanita berusia 50 tahun yang diangkat ke Senat kurang dari setahun yang lalu oleh gubernur negara bagian.

Loeffler, yang menjadi Senator Georgia sampai hasil pemilihan hari Selasa (5/1) selesai, mengatakan dia akan kembali ke Washington pada Rabu pagi untuk bergabung dengan sekelompok kecil senator yang berencana untuk menentang suara Kongres yang mengesahkan kemenangan Biden.

“Kami akan terus berjuang untukmu,” kata Loeffler. “Ini tentang melindungi impian Amerika.” Imbuhnya. (Aiw/Apnews/OL-09)

BERITA TERKAIT