03 January 2021, 04:25 WIB

Israel dan Saudi Desak Trump Serang Iran?


Mediaindonesia.com | Internasional

ISRAEL dan Arab Saudi mendesak pemerintahan Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk menyerang Iran menjelang pelantikan Presiden terpilih AS Joe Biden. Kedua negara tersebut mengupayakan serangan AS yang ditujukan ke fasilitas nuklir Teheran.

Saluran televisi berita internasional 24 jam yang berkantor pusat di Jaffa Port, Tel Aviv, Israel, i24news, memgutip informasi itu dari laporan Dar Al-Hayat yang berbasis di London melaporkan Kamis (31/12). Laporan itu mengutip sumber-sumber AS tanpa menyebutkan nama.

Alasan di balik dugaan dorongan itu yaitu menggagalkan kemungkinan jangkauan Iran dari pemerintahan Biden. Maklum, Presiden AS terpilih tersebut menyatakan niat untuk bergabung kembali dengan kesepakatan nuklir pada 2015.

Menurut laporan itu, pejabat Israel dan Saudi juga mencoba membujuk Uni Emirat Arab untuk bergabung dalam mendorong serangan Iran. UEA menolak seruan semacam itu karena khawatir akan memengaruhi hubungannya dengan Republik Islam.

 
Biden telah mengindikasikan dia ingin bergabung kembali dengan kesepakatan nuklir. Laporan sebelumnya menunjukkan timnya terpecah tentang perjanjian itu harus diperluas terlebih dahulu atau tidak.

Pada 2018, Trump menarik AS dari perjanjian tersebut. Dalihnya, perjanjian itu tidak cukup karena tidak mencakup agresi regional Iran dan pengembangan rudal balistiknya. (OL-14)

BERITA TERKAIT