29 December 2020, 07:56 WIB

Titip Pesan, Pelaku Bom Nashville: Dunia tak akan Melupakanku


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

TETANGGA pelaku pemboman di Nashville, Rick Laude, tidak akan melupakan perbincangan terakhir dengan Anthony Quinn Warner.

Laude mengaku kehabisan kata saat pihak berwenang mengidentifikasi tetangganya yang berusia 63 tahun tersebut sebagai pelaku pemboman di Hari Natal hingga menewaskan dirinya sendiri, melukai tiga orang lainnya dan merusak puluhan bangunan.

Laude melihat Warner berdiri di kotak suratnya kurang dari seminggu sebelum Natal dan menepi di mobilnya untuk berbicara.

Setelah bertanya tentang kabar ibu Warner yang sudah tua, Laude bertanya dengan santai,"Apakah Santa akan membawakanmu sesuatu yang baik untuk Natal?"

Warner tersenyum dan berkata,"Oh, ya, Nashville dan dunia tidak akan pernah melupakanku,” kenang Laude.

Laude mengaku tidak terlalu memikirkan komentar itu dan berpikir Warner hanya bermaksud menyapaikan bahwa sesuatu yang baik akan terjadi padanya secara finansial. Namun, setelah pemboman tersebut, Laude baru menyadari ada makna jahat di balik ucapan dan senyum tetangganya.

“Tidak ada apapun yang berbahaya tentang orang ini,” kata Laude.

“Dia hanya diam,” imbuhnya.

Baca juga: Motif Pemboman di Nashville masih Jadi Teka-Teki

Laude mengatakan Warner terkadang tidak menanggapi ketika dia dan tetangga lainnya melambai kepadanya, tetapi dia tidak merasa tersinggung.

“Saya tahu bahwa dia hanya seorang pertapa,” ujarnya.

Warner meninggalkan petunjuk yang menunjukkan bahwa dia merencanakan pemboman dan bermaksud untuk bunuh diri. Tetapi motif yang sebenarnya tetap sulit dipahami.(The Guardian/OL-5)

BERITA TERKAIT