27 December 2020, 15:20 WIB

Helikopter Militer Jatuh di Pakistan Renggut 4 Tentara


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

SEBUAH helikopter militer dilaporkan jatuh di pegunungan utara Pakistan. Peristiwa tersebut menewaskan empat tentara, termasuk dua pilot.

“Helikopter jatuh di wilayah Gilgit-Baltistan pada Sabtu (26/12) karena masalah teknis saat mengangkut jenazah seorang tentara ke rumah sakit militer di Skardu,” kata pihak militer dalam sebuah pernyataan, Minggu (27/12).

Pakistan memiliki catatan negatif keselamatan penerbangan militer dan sipil, dengan seringnya pesawat dan helikopter jatuh selama bertahun-tahun.

Pakistan International Airlines (PIA) berada di bawah pengawasan ketat tahun ini setelah salah satu pesawatnya jatuh di antara rumah warga di Karachi hingga menewaskan 98 orang.

Pada Agustus 2015, 12 orang tewas dalam kecelakaan helikopter tentara di barat laut. Pada Mei tahun yang sama, sebuah helikopter militer Mi-17 jatuh di sebuah resor liburan di perbukitan Gilgit yang indah menewaskan tujuh orang, termasuk dua duta besar asing.

Dikenal karena pegunungannya yang spektakuler, Gilgit-Baltistan adalah wilayah otonom yang penting secara strategis yang berbatasan dengan Tiongkok, Afghanistan, dan Kashmir yang dikuasai India. (CNA/OL-13)

Baca Juga: Bangladesh akan Relokasi Pengungsi Rohingya ke Pulau Terpencil

BERITA TERKAIT