16 December 2020, 18:12 WIB

Dapat Bantuan AS, Taiwan Bangun Armada Kapal Selam Sendiri


Bagus Pradana | Internasional

AMERIKA Serikat baru-baru ini telah memberikan izin (impor) kepada Taiwan untuk mendatangkan sistem sonar digital untuk proyek pengembangan kapal selam di negara kepulauan tersebut.

Dilansir dari AFP, Rabu (16/12), Wakil Menteri Pertahanan Taiwan Chang Che-ping mengatakan  pihaknya telah menerima izin untuk mendatangkan fitur canggih tersebut dari Washington.

Sistem sonar digital dan sistem tempur terintegrasi adalah dua komponen utama yang dibutuhkan Taiwan untuk membangun kapal selam modernnya sendiri.

Taiwan memulai proyek pengembangan armada kapal selamnya sejak November lalu. Langkah tersebut diambil untuk meningkatkan pertahanan dari ancaman invasi Tiongkok yang semakin agresif di kawasan laut cina selatan.

Proyek tersebut diharapkan selesai pada 2025, dengan delapan kapal selam baru berhasil diproduksi.

Angkatan Laut Taiwan saat ini hanya memiliki empat kapal selam, termasuk dua di antaranya merupakan kapal selam produksi Amerika Serikat pada 1940-an.

Dalam beberapa dekade terakhir, mereka terus menggenjot industri pertahanannya karena Tiongkok telah memblokade beberapa negara untuk tidak menjual senjata ke Taiwan. (M-4)

BERITA TERKAIT