08 December 2020, 08:14 WIB

Singapura Jadi Tuan Rumah Pertemuan Tahunan Forum Ekonomi Dunia


Atikah Ishmah Winahyu |

FORUM Ekonomi Dunia (WEF) akan menggelar Special Annual Meeting di Singapura pada 13-16 Mei 2021. Forum tersebut akan menjadi acara kepemimpinan global pertama yang membahas pemulihan dunia dari pandemi covid-19.

"Pertemuan tatap muka ini akan mempertemukan para pemimpin untuk fokus pada pembentukan solusi bagi tantangan dunia yang paling mendesak,” kata WEF dalam siaran pers.

Pertemuan tersebut biasanya diadakan di Davos, Swiss, setiap tahun. Namun, WEF mengubah lokasi pertemuan sebagai upaya menjaga kesehatan dan keselamatan peserta serta tuan rumah.

"Setelah mempertimbangkan dengan cermat dan mengingat situasi saat ini terkait kasus covid-19, diputuskan Singapura adalah tempat terbaik untuk mengadakan pertemuan tersebut,” tuturnya.

Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura (MTI) mengatakan keputusan WEF untuk mengadakan pertemuan di Singapura mencerminkan kepercayaannya terhadap pengelolaan pandemi covid-19 di negara tersebut.

Baca juga:  Di Forum WEF Erick Jamin Kenyamanan Investasi di Tanah Air

Menurut MTI, penyelenggaraan Special Annual Meeting WEF akan berdampak positif pada sektor MICE (Rapat, Insentif, Konvensi, dan Pameran) Singapura dan sektor terkait seperti perhotelan.

"Saat dunia memerangi covid-19, ada dorongan yang lebih besar bagi negara-negara untuk bekerja sama, berkolaborasi, dan bermitra satu sama lain untuk mengatasi masalah global yang mendesak,” kata Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Chan Chun Sing.

Chan juga yakin Singapura mampu menjaga kesehatan dan keselamatan publik sambil mendukung misi WEF untuk menghasilkan perubahan positif melalui kolaborasi dan keterlibatan.

Ini akan menjadi pertemuan tahunan WEF kedua yang diadakan di luar Swiss sejak didirikan pada tahun 1971 dan pertama kali diadakan di Asia.

Pendiri dan Ketua Eksekutif WEF Klaus Schwab mengatakan pertemuan kepemimpinan global sangat penting untuk membahas bagaimana negara-negara dapat pulih bersama. Dia menambahkan, Special Annual Meeting 2021 akan menjadi ajang pertemuan para pemimpin dari kalangan bisnis, pemerintahan dan masyarakat sipil untuk pertama kalinya sejak dimulainya pandemi covid-19.

"Kerja sama publik-swasta sangat dibutuhkan lebih dari sebelumnya untuk membangun kembali kepercayaan dan mengatasi garis kesalahan yang muncul pada tahun 2020," tukasnya.(CNA/OL-5)

BERITA TERKAIT