06 December 2020, 10:47 WIB

Sampel Asteroid yang Dikumpulkan Hayabusa-2 Tiba di Bumi


Nur Aivanni | Internasional

SAMPEL yang dikumpulkan dari asteroid tiba di Bumi pada Minggu setelah dijatuhkan oleh pesawat luar angkasa Jepang Hayabusa-2. Kapsul yang membawa sampel tersebut memasuki atmosfer sebelum pukul 02.30 waktu Jepang, menciptakan bola api seperti bintang jatuh saat memasuki atmosfer Bumi.

"Enam tahun dan akhirnya kembali ke Bumi," kata seorang pejabat yang menyampaikan siaran langsung kedatangan sampel tersebut. Siaran tersebut menunjukkan pejabat dari badan antariksa Jepang JAXA bersorak dan mengepalkan tangan mereka dengan semangat.

Beberapa jam kemudian, JAXA mengonfirmasi sampel telah ditemukan.

"Kami menemukan kapsulnya! Bersama dengan parasutnya! Wow!" cuit akun Twitter misi tersebut. Kapsul tersebut ditemukan di gurun Australia dan sekarang akan diproses sebelum dikirim ke Jepang.

Baca juga: Hari ini, Jepang Kirim Sampel Batuan Asteroid Ryugu ke Bumi

Sampel tersebut dikumpulkan oleh Hayabusa-2, yang diluncurkan pada 2014, dari asteroid Ryugu, sekitar 300 juta kilometer dari Bumi.

Wahana antariksa tersebut mengumpulkan debu permukaan dan bahan murni dari bawah permukaan. Materi yang dikumpulkan dari asteroid tersebut diyakini tidak berubah sejak alam semesta terbentuk.(AFP/OL-5)

BERITA TERKAIT