05 December 2020, 18:15 WIB

Qatar Anggap Perjanjian Abraham tidak Membantu Palestina


Mediaindonesia.com | Internasional

JIKA Arab Saudi sepakat normalisasi hubungan dengan Israel dengan syarat, Qatar punya sikap berbeda. Bagi Qatar, kehadiran Perjanjian Abraham tidak membantu perjuangan Palestina.

Menteri Luar Negeri Qatar Mohammed bin Abdulrahman Al Thani juga menyampaikan masalah Palestina harus menjadi inti dari perjanjian normalisasi apa pun antara Qatar dan Israel.

"Jika ada peluang untuk perdamaian, berdasarkan resolusi yang adil dari masalah Palestina, mendirikan negara merdeka berdaulat (Palestina) dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya, menurut Prakarsa Perdamaian Arab, Qatar akan pergi bersama dengan negara-negara lain di kawasan itu," katanya dalam Med2020, forum internasional tahunan di ibu kota Italia, Roma.

"Saat ini, saya tidak melihat bahwa normalisasi hubungan antara Qatar dan Israel akan menambah nilai pada masalah Palestina."

Al Thani mengatakan Qatar memiliki hubungan dengan Israel yang bekerja untuk memfasilitasi pengiriman bantuan dan dukungan pembangunan kepada rakyat Palestina. "Untuk saat ini, hubungan ini cukup menguntungkan saudara-saudara kita di Palestina." (Aljazeera/OL-14)

BERITA TERKAIT