03 December 2020, 10:20 WIB

Brasil Buka Diri untuk Persetujuan Vaksin Covid-19


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

REGULATOR kesehatan Brasil Anvisa membuka diri untuk persetujuan vaksin covid-19 bagi penggunaan darurat. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh perusahaan pembuat vaksin.

Anvisa mengatakan, otorisasi akan dianalisis berdasarkan kasus per kasus dan vaksin tersebut harus dalam uji coba tahap akhir di Brasil. Sebagai informasi, vaksin AstraZeneca, Johnson & Johnson, Pfizer dan Sinovac saat ini tengah melakukan uji coba Fase III di Brasil. Regulator mengatakan, produsen masih harus melakukan registrasi untuk vaksin mereka.

Baca juga: UE Nilai Inggris Terlalu Terburu-buru Beri Izin Vaksin Covid-19

Pada Selasa lalu, Kementerian Kesehatan Brasil mengumumkan rencana awal untuk imunisasi nasional, dengan memprioritaskan masyarakat adat, petugas kesehatan, dan lansia yang berusia 75 tahun ke atas. Pihak kementerian mengatakan sejauh ini telah menjamin akses 142,9 juta dosis vaksin covid-19.

Dari jumlah tersebut, 100,4 juta dosis merupakan vaksin milik AstraZeneca dan 14,5 juta lainnya melalui Fasilitas Covax yang dipimpin bersama oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

“Brasil akan mulai menerima sekitar 15 juta dosis vaksin AstraZeneca antara Januari dan Februari, dengan 100 juta dosis tiba pada pertengahan tahun,” kata Menteri Kesehatan Eduardo Pazuello. (The Guardian/H-3)

BERITA TERKAIT