03 December 2020, 08:42 WIB

Jerman Perpanjang Pembatasan Covid-19 Hingga 10 Januari


Basuki Eka Purnama | Internasional

JERMAN tetap tidak mengizinkan fasilitas budaya dan olahraga dibuka kembali, begitu juga restoran dan bar, hingga 10 Januari mendatang. Hal itu diungkapkan Kanselir Jerman Angela Merkel, Rabu (2/12), memperpanjang aturan pembatasan untuk menekan penyebaran covid-19.

"Jika situasi covid-19 terus berkembang seperti beberapa hari terakhir, kami akan menggelar pertemuan pada 4 Januari. Saat ini, aturan pembatasan diputuskan diperpanjang hingga 10 Januari," ungkap Merkel setelah bertemu pemimpin dari 16 negara bagian Jerman.

Dalam sebuah pertemuan, pekan lalu, Merkel dan para pemimpin negara bagian sepakat untuk memperpanjang pembatasan yang telah dimulai November lalu hingga awal Januari kecuali angka infeksi covid-19 turun secara dramatis.

Baca juga: Mantan Presiden Prancis Meninggal karena Covid-19

Merkel mengatakan pemerintahannya telah membeli 70 juta vaksin masing-masing dari Moderna dan Pfizer-BioNtech yang diharap bisa digunakan pada kuarter pertama tahun depan.

Namun, imbuhnya, Jerman harus bisa melewati akhir tahun ini tanpa vaksin covid-19.

Sebulan pascapemberlakukan pembatasan di Jerman, angka kasus covid-19 telah mendatar selama dua pekan terakhir, dengan lonjakan kasus pada Oktober berhasil ditangani.

Agar pembatasan bisa dicabut, angka infeksi harus mencapai kurang dari 50 kasus per 100 ribu penduduk per perkan. Hal itu agar upaya pelacakan dan isolasi bisa dilakukan.

Jerman telah melaporkan 17.270 kasus baru dan 487 kematian dalam tempo 24 jam terakhir. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT