03 December 2020, 07:54 WIB

Meksiko Sepakat Beli 34,4 Juta Vaksin Pfizer


Basuki Eka Purnama, Nur Aivanni | Internasional

MEKSIKO, Rabu (2/12), mengaku telah menandatangani kesepakatan dengan perusahaan farmasi Amerika Serikat (AS) Pfizer untuk membeli 34,4 juta vaksin covid-19, dengan gelombang pertama tiba pada bulan ini.

Meksiko telah melaporkan hampir 107 ribu kematian akibat covid-19, salah satu yang tertinggi di dunia, dan lebih dari 1,1 juta infeksi.

Kementerian Kesehatan Meksiko, lewat Twitter, mengatakan sebanyak 250 ribu dosis vaksin covid-19 akan tiba di negara itu pada Desember.

Prioritas untuk vaksin gelombang pertama itu adalah untuk para pekerja kesehatan.

Baca juga: WHO Tinjau Vaksin Pfizer Agar Bisa Masuk Daftar Penggunaan Darurat

Pengumuman itu dilansir beberapa jam setelah Inggris menjadi negara Barat pertama yang menyetujui penggunaan vaksin covid-19 untuk diberikan kepada warga. Vaksin yang akan digunakan adalan vaksin produski Pfizer dan rekannya asal Jerman BioNTech.

Meksiko juga mengumumkan telah mencapai kata sepakat dengan perusahaan Inggris AstraZeneca dan perusahaan Tiongkok CanSino Biologics untuk membeli vaksin produksi mereka yang tengah menjalani uji klinis.

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador, sebelumnya, mengatakan pemerintahnnya telah menyisihkan dana sebesar 20 miliar peso untuk membeli vaksin covid-19.

"Proses otorisasi untuk vaksin covid-19 telah disederhanakan," ujar Lopez Obrador.

Pemerintah Meksiko berjanji akan menyediakan vaksin covid-19 untuk seluruh warga secara gratis. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT