28 November 2020, 04:25 WIB

Samoa Konfirmasi Kasus Pertama Covid-19


Aiw/The Guardian/CNA/X-10 | Internasional

SAMOA, sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik, mengonfirmasi kasus pertama covid-19, setelah hampir 11 bulan terbebas dari virus tersebut.

Kasus positif terdeteksi pada seorang warga negara Samoa berusia 70 tahun yang melakukan perjalanan ke Apia, ibu kota Samoa, dari Melbourne dalam penerbangan repatriasi pada 13 November.

“Kami mengonfirmasi bahwa ada satu kasus positif setelah kami menguji semua 274 penumpang di karantina kemarin, mengingat besok adalah akhir masa karantina mereka,” kata Kepala Eksekutif Kementerian Kesehatan Samoa, Leausa Dr Take Naseri.

Sebelumnya pada awal pekan ini, seorang pelaut yang berada dalam penerbangan yang sama untuk kembali ke Samoa pada awalnya dinyatakan positif, tetapi ini kemudian tidak meyakinkan.

Naseri mengatakan, pria berusia 70 tahun yang dinyatakan positif covid-19 dan istrinya, telah dipindahkan ke bangsal isolasi covid-19 di Rumah Sakit Tupua Tamasese Meaole II.

“Istrinya negatif. Dia (pasien) memiliki kondisi khusus, tetapi saat ini dia tidak memiliki gejala, tidak demam, batuk, dan tidak menunjukkan gejala, seperti pneumonia dan flu,” jelasnya.

Sementara itu, Prancis melaporkan 13.563 kasus positif covid-19 baru pada Kamis (26/11). Jika dibandingkan dengan jumlah kasus sehari sebelumnya yang mencapai 16.282 kasus dan 21.150 kasus pada minggu lalu, jumlah kasus positif ini menunjukkan bahwa penyebaran covid-19 terus melambat pada minggu keempat lockdown nasional.

Jumlah total kasus yang dikonfirmasi di Prancis sekarang mencapai 2,18 juta.

Data Kementerian Kesehatan menunjukkan, jumlah pasien dengan covid-19 yang dirawat di rumah sakit terus turun sebanyak 662 orang menjadi 29.310 orang, sedangkan jumlah pasien dalam perawatan intensif turun 130 pasien menjadi 4.018 pasien, memperpanjang tren sejak dua minggu.

Negara bagian terbesar kedua di Australia, Victoria, yang pernah menjadi pusat wabah covid-19, dilaporkan sudah 28 hari tidak mendeteksi kasus covid-19 baru.

Wilayah tersebut saat ini juga tidak memiliki kasus aktif setelah pasien covid-19 terakhir keluar dari rumah sakit minggu ini.

Padahal, pada Agustus lalu, Victoria mencatat lebih dari 700 kasus dalam sehari dan infeksi aktif berjumlah hampir 8.000 orang. (Aiw/The Guardian/CNA/X-10)

BERITA TERKAIT