26 November 2020, 09:01 WIB

Turki Beli 50 Juta Dosis Vaksin Sinovac


Basuki Eka Purnama | Internasional

TURKI telah menandatangani kontrak untuk membeli 50 juta dosis vaksin covid-19 dari Biotek Sinovac China. Hal itu dikatakan Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca, Rabu (25/11).

"Kami telah menandatangani kontrak untuk 50 juta dosis vaksin yang akan dikirimkan pada Desember, Januari, dan Februari," kata Koca saat konferensi pers.

Menurut hasil-hasil uji pendahuluan, vaksin covid-19 eksperimental buatan Sinovac, CoronaVac, memicu respons imun yang cepat namun tingkat antibodi yang dihasilkan lebih rendah dibandingkan pada orang yang telah pulih dari virus itu.

Baca juga: Jerman Perpanjang Pembatasan Covid-19 Hingga Awal Januari

CoronaVac dan empat vaksin eksperimental lain yang dikembangkan di Tiongkok sedang menjalani uji coba tahap akhir untuk dipastikan kemanjurannya.

Ketika berbicara di Ankara, usai pertemuan dewan sains covid-19, Koca mengatakan Turki juga sedang melakukan serangkaian pembicaraan dengan pengembang-pengembang vaksin lainnya.

"Yang penting di sini bagi kita adalah mulai menggunakan vaksin yang dikenal efektif dan dapat diandalkan. Saya perkirakan kalender vaksinasi bisa dimulai pada 11 Desember," pungkas Koca. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT