24 November 2020, 23:40 WIB

Redam Korona, Ratusan Penerbangan di Shanghai Dibatalkan


Nur Aivanni | Internasional

RATUSAN penerbangan di salah satu bandara tersibuk di Tiongkok dibatalkan, Selasa (24/11) ketika Shanghai bergegas untuk mengendalikan wabah virus korona.

Pejabat kesehatan telah menguji ribuan staf di Bandara Internasional Pudong sejak sejumlah kecil kasus covid-19 di kota itu dikaitkan dengan beberapa petugas kargo.

Tiongkok, tempat virus pertama kali muncul akhir tahun lalu, sebagian besar telah mengendalikan pandemi melalui pembatasan perjalanan dan lockdown, tetapi sekarang sedang memerangi sejumlah wabah domestik di berbagai kota.

Shanghai telah melaporkan tujuh infeksi lokal terkait dengan bandara bulan ini, dengan sebagian besar kasus ditemukan dalam beberapa hari terakhir.

Wabah itu telah memicu rencana untuk memberi pekerja berisiko tinggi di pusat perjalanan itu vaksinasi eksperimental yang telah diberikan Tiongkok kepada pegawai negeri, pelajar internasional, dan pekerja penting yang berangkat ke luar negeri sejak Juli.

Pada Selasa, angka dari perusahaan layanan data VariFlight menunjukkan bahwa lebih dari 500 penerbangan dari Bandara Pudong telah dibatalkan - hampir setengah dari jadwal penerbangan hari itu. Dan hampir setengah penerbangan menuju bandara tersebut juga dibatalkan.

Lebih dari 17.700 orang telah dites swab pada Senin pagi, kata kantor berita negara Xinhua.

Hampir setengah dari semua penerbangan terjadwal juga dibatalkan di Bandara Internasional Tianjin. Otoritas Tianjin telah menguji sekitar 2,6 juta orang untuk mengendalikan klaster lokal. Tianjin melaporkan lima kasus lokal pada Sabtu dan satu lagi pada Selasa. (France24/OL-8)

BERITA TERKAIT