24 November 2020, 18:00 WIB

Geser Bill Gates, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Kedua di Dunia


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

ELON Musk berhasil menggeser posisi Bill Gates sebagai orang terkaya kedua di dunia, hanya selang seminggu setelah salah satu pendiri Tesla tersebut menyalip posisi Mark Zuckerberg dari Facebook menjadi orang terkaya ketiga.

Kekayaan bersih pengusaha berusia 49 tahun itu naik dari US$7,2 miliar menjadi US$127,9 miliar akibat didorong oleh lonjakan harga saham Tesla. Jumlah ini telah meningkat lebih dari US$100 miliar pada tahun ini, mengungguli semua orang di Bloomberg Billionaires Index yang mencantumkan 500 orang terkaya di dunia. Pada Januari lalu, Musk masih berada di posisi ke-35.

Posisi Kepala eksekutif maverick dari perusahaan mobil listrik itu sekarang berada tepat di belakang bos Amazon Jeff Bezos. Saham Tesla telah meningkat sejak perusahaan tersebut terpilih untuk bergabung dengan indeks S&P 500 dari perusahaan-perusahaan AS terkemuka seminggu yang lalu, membuat nilai pasarnya mendekati US$500 miliar. Tiga perempat kekayaan bersih Musk berasal dari saham Tesla.

Baca juga: Tiongkok Luncurkan Misi Luar Angkasa Bawa Puing dari Bulan ke Bumi

Jika pertumbuhan harga saham Tesla terus berlanjut, Musk dapat memperoleh kesepakatan bonus senilai US$55,8 miliar. Untuk mendorong pembayaran maksimum, dia harus membangun Tesla menjadi perusahaan senilai US$650 miliar pada 2028.

Tesla memiliki nilai pasar tertinggi di antara perusahaan mobil manapun di dunia, meskipun menghasilkan kendaraan yang jauh lebih sedikit daripada yang lain. Perusahaan ini diharapkan dapat menyalurkan hingga 500 ribu kendaraan listrik pada tahun ini,

Musk juga terlibat dalam pesawat luar angkasa melalui perusahaannya, SpaceX, yang pekan lalu mengirim empat astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan roket Falcon dan kapsul Naga di bawah kontrak komersial dengan NASA. SpaceX akan meluncurkan 60 satelit internet broadband ke orbit, setelah mengalami penundaan karena kondisi cuaca buruk. (The Guardian/OL-4)

BERITA TERKAIT