26 October 2020, 10:24 WIB

Armenia dan Azerbaijan Sepakati Gencatan Senjata Baru


Basuki Eka Purnama |

ARMENIA dan Azerbaijan telah kembali sepakat menghormati sebuah gencatan senjata kemanusiaan untuk mengakhiri konflik di Nagorno-Karabakh mulai Senin (26/10). Hal itu diungkapkan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS).

Wakil Menteri Luar Negeri AS Stephen Biegun, Sabtu (24/10), bertemu dengan menteri luar negeri Armenia dan Azerbaijan serta perwakilan Grup Minsk lainnya.

Washington, bersama Prancis dan Rusia, merupakan bagian dari Grup Minsk yang dibentuk Organisasi Keamanan dan Kerja Sama di Eropa (OSCE0 untuk menjadi mediator utama konflik di Nagorno-Karabakh.

Baca juga: Pemimpin Senior Al-Qaeda Tewas

Departemen Luar Negeri AS mengatakan gencatan senjata itu akan berlaku mulai Senin (26/10) pukul 08.00 waktu setempat setelah sebuah gencatan senjata singkat berakhir setelah kedua pihak bertikai saling tuding melanggar kesepakatan itu.

Konflik di Nagorno-Karabakh yang secara internasional diakui sebagai bagian Azerbaijan namun dikuasai kelompok separatis Armenia telah berlangsung sejak 27 September.

Armenia dan Azerbaijan saling tuding masing-masing negara mengincar warga sipil dalam ketegangan di kawasan pegunungan itu.

Ini bukan kali pertama kedua pihak menyepakati gencatan senjata. Biasanya, kesepakatan itu tidak berlangsung lama. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT