26 October 2020, 07:28 WIB

PM Bulgaria Positif Covid-19


Faustinus Nua | Internasional

PERDANA Menteri Bulgaria Boiko Borisov, Minggu (25/10), menjadi tokoh politik dunia terbaru yang dinyatakan positif covid-19.

"Setelah dua tes PCR, mulai hari ini, saya positif covid-19," kata Borisov di halaman Facebook pribadinya.

Borisov, 61, mengatakan dia mengalami gejala ringan dan akan melakukan karantina di rumah.

Dia telah mengisolasi diri sejak Jumat (23/10) malam setelah seorang wakil menteri pembangunan daerah yang berkontak dengannya, lima hari sebelumnya, dinyatakan positif covid-19.

Baca juga: AS Catat Rekor Kasus Covid-19 Tertinggi 2 Hari Berturut-turut

Inspektorat Kesehatan Regional Sofia sempat mencabut karantina PM pada Sabtu (24/10) karena dua tes PCR negatif. Tetapi Borisov tetap mengisolasi diri, menunda semua pertemuan dan penampilan publiknya sejak Jumat (23/10).

Sementara itu, Presiden Bulgaria Rumen Radev harus mempersingkat kunjungan ke Estonia, awal pekan ini, setelah melakukan kontak dengan mayor jenderal angkatan udara, yang dinyatakan positif covid-19. Dia telah melanjutkan tugasnya setelah dua tes PCR negatif.

Bulgaria, negara berpenduduk di bawah 7 juta orang, berhasil melewati gelombang pertama covid-19 dengan relatif baik. Namun, jumlah kasus dan rawat inap melonjak, selama beberapa minggu terakhir, mencapai total lebih dari 37.500 kasus dan 1.084 kematian pada Minggu (25/10).

Pada Kamis (22/10), pemerintah Bulgaria mewajibkan penggunaan masker di ruang publik yang padat. Langkah itu merupakan upaya mengekang jumlah infeksi yang mengancam dan merusak sistem medis negara yang sangat kekurangan staf itu. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT