22 July 2020, 08:43 WIB

164 Pasang Sepatu untuk Kenang Perawat yang Tewas karena Covid-19


Basuki Eka Purnama | Internasional

SERIKAT perawat Amerika Serikat (AS) meletakkan 164 pasang sepatu putih di luar gedung parlemen AS, Selasa (21/7), untuk mengenang rekan mereka yang tewas akibat covid-19 dan menyerukan kepada Senat untuk menyetujui paket bantuan untuk mengatasi pandemi itu.

"Dua bulan lalu, rekan saya dan saya berdiri di depan Gedung Putih dikelilingi 88 pasang sepatu, masing-masing mewakili perawat yang tewas karena covid-19," ujar Stephanie Sims, perawat asal Washington.

"Hari ini, ada 164 pasang sepatu. Hal itu menunjukkan bahwa pemerintah dan Kongres gagal membela para perawat yang setiap harinya ada yang tewas," imbuh Sims yang merupakan anggota Serikat Perawat Nasional (NNU) yang mewakili 1.500 perawat di AS.

Baca juga: Trump Sebut Krisis Covid-19 di AS akan Memburuk Sebelum Membaik

RUU paket bantuan bernama RUU Heroes senilai US$3 miliar telah disekapati DPR AS pada Mei lalu. Namun, Senat AS yang dikuasai Partai Republik menolak RUU itu.

RUU itu akan memberikan dana bantuan bagi keluarga yang terhantam pandemi covid-19, menyelamatkan perekonomian AS, dan membiayai produksi alat perlindungan bagi para pekerja di lini terdepan.

Saat ini AS mencatatkan 141 ribu angka kematian akibat covid-19 dari 3,86 juta kasus. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT