19 July 2020, 10:57 WIB

Pemkot Melbourne Wajibkan Penggunaan Masker


Basuki Eka Purnama | Internasional

KOTA terbesar di Australia, Melbourne, akan mewajibkan penggunaan masker di ruang publik. Hal itu diumumkan pada Minggu (19/7) saat pemerintah kota Melbourne meningkatkan upaya mengatasi wabah covid-19.

Negara Bagian Victoria, yang mencakup Melbourne, kini mencatatkan hampir 3 ribu kasus covid-19 setelah sebanyak 363 kasus dilaporkan pada Minggu (19/7) meski lockdown telah diberlakukan di wilayah itu selama 10 hari.

Premier Negara Bagia Victoria Daniel Andrew mengatakan lebih dari 5 juta warga di Melbourne dan wilayah tetangga Mitchell Shire akan diwajibkan mengenakan masker atau penutup wajah lainnya saat berada di ruang publik.

Baca juga: Tiongkok Laporkan 16 Kasus Baru Covid-19

"Mayoritas kita tidak akan meninggalkan rumah tanpa membawa kunci atau telepon seluler," ujar Andrew dalam konferensi pers.

"Kini, Anda tidak bisa meninggalkan rumah tanpa masker dan harus mengenakannya untuk menghentikan penyebaran virus ini," lanjutnya.

Mereka yang melanggar aturan baru itu akan didenda A$200 (sekitar Rp2 juta).

Bandana dan syal akan diterima sebagai alat untuk menutup wajah hingga negara bagian itu bisa memasok masker secara memadai.

Keputusan itu menjadikan Melbourne sebagai kota pertama di Australia yang mewajibkan penggunaan masker. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT