15 July 2020, 13:16 WIB

Sungai Brahmaputra Meluap, 77 Orang Tewas di Assam, India


Deri Dahuri | Internasional

ENAM orang kembali dilaporkan tewas akibat banjir dan tanah longsor yang melanda di Negara Bagian Assam, India. Pada Selasa (14/7), pejabat setempat mengatakan total korban tewas yang disebabkan bencana banjir dan tanah longsor telah menjadi 77 orang dalam dua pekan.

Dalam beberapa terakir hujan deras mengguyur wilayah India. Curah hujan yang tinggi telah menyebabkan air sungai Brahmaputra meluap.

Luapan air sungai Brahmaputra telah membuat dampak buruk terhadap lebih dari 2 juta jiwa yang tinggal di sekitar sungai. Sebanyak 26 dari 33 distrik di Negara Bagian Assam terendam.  

MS. Mannivanan, Kepala Otoritas Manajemen Bencana Negara Bagian Assam, mengatakan operasi penyelamatan dan bantuan sedang berlangsung.

"Kami memiliki 40 tim Pasukan Tanggap Bencana Negara di daerah-daerah yang paling parah terkena bencana dan tentara juga dalam keadaan siaga," kata Mannivanan.

Sungai Brahmaputra yang mengalir melalui Tibet, India, dan hingga wilayah Bangladesh, telah merobohkan tepian sungai di wiayah Assam pada akhir Juni 2020 dan menggenangi sebagian besar negara dan memicu tanah longsor.

Banjir tak hanya melanda India, negara tetangganya, Bangladesh, tak luput dari banjir. Bahkan banjir yang menggenangi wilayah yang cukup luas berdampak terhadap lebih dari 1 juta orang. Bahkan korban banjir harus mengungsi untuk menyelamatkan diri, 

"Situasinya suram, meskipun debit air sungai Brahmaputra telah sedikit surut hari ini dengan intensitas hujan turun sedikit," kata Manninanan.

Pada Selasa (14/7), ribuan orang berlindung  yang mengungsi berlindung di tanggul sungai setelah permukiman mereka di Distrik Morigaon, Negara Bagian Assam, India, terendam.

“Desa-desa kami dan semua desa di sekitarnya telah berada di bawah air sedalam dada selama sekitar satu minggu sekarang,” kata Nilima Khatun, warga yang memegangi anaknya yang berusia 2 tahun. "Kami melewati hari-hari dalam kesengsaraan tanpa bantuan dari pemerintah."

Negara tetangga India lainnya, Nepal, juga dilanda bencana banjir. Hujan deras yang memicu banjir dan tanah longsor telah menelan korban jiwa sebanyak 50 orang. Banjir besar telah menghanyutkan rumah-rumah warga dan menghancurkan sejumlah jembatan. (AFP/OL-09)

 

BERITA TERKAIT