07 July 2020, 15:15 WIB

Melbourne Kembali Lockdown selama 6 Pekan


Faustinus Nua | Internasional

Otoritas negara bagian Victoria, Australia kembali menerapkan lockdown terhadap Kota Melbourne dan beberapa kota lainnya menyusul kasus baru covid-19 yang terus meningkat. Lockdown kota terbesar kedua di Australia itu akan dilakukan selama 6 pekan ke depan.

Gubernur Victoria Daniel Andrews mengatakan Selasa (7/7) bahwa seluruh kota dan beberapa wilayah sekitarnya akan kembali lockdown sejak Rabu malam. Pembatasan aktivitas pun lebih ketat daripada yang diberlakukan selama penutupan pertama yang dimulai pada bulan Maret lalu.

"Kami saat ini dalam banyak hal berada dalam posisi yang lebih berbahaya, menantang dan berpotensi tragis daripada beberapa bulan yang lalu," kata Andrews seperti dilansir AP.

Baca juga: Wali Kota Atlanta Positif Covid-19

Sekitar 3.000 penduduk dari 9 perumahan publik diberi waktu 1 jam untuk menyiapkan segala kebutuhan. Mengingat mereka akan dilarang meninggalkan apartemen selama setidaknya 5 hari.

"Untuk 6 minggu bila Anda berada di wilayah ini hanya ada 4 alasan untuk meninggalkan rumah, belanja makanan dan kebutuhan penting lainnya, perawatan kesehatan, latihan harian, bekerja dan belajar bila tidak dapat dilakukan di rumah," ujar Andrews.

Dengan 26 juta populasi, Victoria telah mencatat sekitar 8.500 kasus covid-19 dan 106 kematian akibat covid-19. Dalam 36 jam terakhir, kasus baru covid-19 terus meningkat.

Warga negara Australia dan penduduk tetap yang kembali dari luar negeri diharuskan untuk menghabiskan 14 hari untuk dikarantina. Restoran dan cafe akan kembali ditutup atau dilayani secara daring. Tempat-tempat hiburan lainnya juga kembali ditutup. (AP/OL-14)

BERITA TERKAIT