23 April 2020, 07:01 WIB

​​​​​​​2 Kucing New York Positif Mengidap Covid-19


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

DUA kucing di Negara Bagian New York, Amerika Serika, dinyatakan positif terjangkit virus korona baru (covid-19), menurut sebuah laporan yang diterbitkan, Rabu (22/4).

Diagnosis itu menandai infeksi pertama yang dikonfirmasi pada hewan pendamping, menurut The Associated Press, yang mendapatkan komentar eksklusif dari pejabat federal.

Kucing-kucing itu menderita penyakit pernapasan ringan dan diperkirakan akan pulih sepenuhnya setelah tertular virus dari orang-orang di rumah atau lingkungan mereka, kata Departemen Pertanian AS dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Para pejabat kesehatan menekankan tidak ada bukti terkini yang menunjukkan hewan-hewan itu dapat menyebarkan virus ke manusia.

“Kami tidak ingin orang-orang panik. Kami tidak ingin orang-orang takut terhadap hewan peliharaan atau terburu-buru untuk mengujinya secara massal,” kata Dr. Casey Barton Behravesh, seorang pejabat CDC yang bekerja pada koneksi kesehatan manusia-hewan kepada AP. "Tidak ada bukti hewan peliharaan memainkan peran dalam menyebarkan penyakit ini kepada orang-orang."

Baca juga: Benarkah Hewan Peliharaan dapat Terinfeksi Virus Korona?

Tetapi CDC memperingatkan agar pemilik untuk mencegah hewan peliharaan berinteraksi dengan mereka yang berada di luar rumah tangga terdekat mereka.

Baik CDC maupun Departemen Pertanian tidak mengidentifikasi tempat kucing-kucing itu tinggal di New York, tetapi dua hewan itu tidak tinggal di daerah yang sama.

Salah satu kucing jatuh sakit setelah seseorang di rumah mereka terserang penyakit pernapasan, yang belum dipastikan covid-19. Kucing itu berkeliaran di luar ruangan sehingga ada kemungkinan ia terinfeksi saat berinteraksi dengan orang lain, kata Barton Behravesh.

Kucing kedua jatuh sakit setelah pemiliknya dinyatakan positif terkena virus. Kucing lain yang tinggal di rumah tersebut belum menunjukkan gejala.

Sebelumnya seekor harimau di Kebun Binatang Bronx di New York City adalah hewan pertama yang diketahui terinfeksi covid-19. Tujuh kucing di kebun binatang sejak itu dinyatakan positif. (AA/A-2) 

 

BERITA TERKAIT