13 April 2020, 11:31 WIB

Rayakan 70 Tahun Hubungan Diplomatik, RI-Tiongkok Rilis Prangko


Willy Haryono |

DALAM  rangka memperingati 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Republik Rakyat Tingkok, hari ini, Senin (13/4), kedua negara meluncurkan sampul dan prangko lambang persahabatan secara daring.

Peluncuran dilakukan melalui kerja sama antara Kementerian Luar Negeri RI, KBRI Beijing, dan PT Pos Indonesia serta Kedubes RRT di Jakarta dan China Post.

Sampul dan keempat perangko memuat logo peringatan 70 tahun, yaitu Panda dan Garuda Emas.

Selain itu, ditampilkan pula beberapa ikon khas kedua negara, seperti Barong Bali dan Barong Sai, Candi Borobudur dan Tembok Raksasa, serta keindahan alam Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, dan Sungai Li di Kota Guilin, Provinsi Guangxi.

Baca juga: Lakukan Rapid Test Ilegal, Pria Tiongkok Ditangkap di Peru

Burung Garuda memiliki makna kuat dan jaya, sedangkan Panda memiliki simbol filosofis kedamaian. Sementara Barong Bali dan Barong Sai menunjukan kekayaan peradaban dan kedekatan budaya antara Indonesia dan Tiongkok. Penggabungan simbol dan makna ini menggambarkan persahabatan kedua negara yang turut berkontribusi positif bagi kemakmuran dan perdamaian dunia.

Didasari hubungan sejarah yang telah terjalin sejak ratusan tahun lalu, penguatan Kemitraan Strategis Komprehensif RI-RRT selama ini telah menghasilkan berbagai capaian konkret bagi kemajuan pembangunan nasional kedua negara.

Tiongkok merupakan mitra dagang terbesar Indonesia dan salah satu investor terbesar di Indonesia. Kedekatan ini juga ditandai dengan terus meningkatnya jumlah kunjungan di antara masyarakat kedua negara.

Berbagai program kegiatan dalam rangka memperingati 70 Tahun Hubungan Diplomatik RI-RRT akan dilakukan sepanjang 2020, baik di Indonesia maupun di Tiongkok.

Rangkaian peringatan akan mengedepankan semangat persahabatan, sinergi dan kolaborasi guna menyongsong kerja sama bilateral yang semakin kokoh dan nyata di berbagai bidang. (OL-1)

BERITA TERKAIT