09 April 2020, 05:45 WIB

Somalia Laporkan Kematian Pertama Akibat Covid-19


Basuki Eka Purnama | Internasional

SOMALIA, Rabu (8/4), melaporkan kematian pertama pasien positif covid-19 dan mengatakan penularan telah terjadi antara mereka yang tidak memiliki sejarah melakukan perjalanan ke luar negeri.

Meski negara di Tanduk Afrika itu baru melaporkan 12 kasus positif, pengumuman pada Rabu (8/4) itu meningkatkan kekhawatiran bahwa virus korona telah menyebar dan bisa melumpuhkan sistem kesehatan negara yang dilanda konflik selama hampir tiga dekade itu.

"Kematian pertama akibat covid-19 dilaporkan hari ini setelah seorang pria berusia 52 tahun meninggal dunia karena virus itu," ujar Kementerian Kesehatan Somalia dalam sebuah keterangan resmi.

Baca juga: Angka Kematian akibat Covid-19 di Spanyol Tembus 14.500

Kementerian Kesehatan Somalia kemudian mengungkapkan ditemukannya empat kasus dimana pasien covid-19 tidak memiliki sejarah perjalanan ke luar negeri.

"Kami mengonfirmasi bahwa penyebaran virus korona telah dimulai di komunitas lokal," ungkap Kementerian Kesehatan Somalia.

Somalia mengalami kekacauan sejak jatuhnya Mohamed Siad Barre pada 1991. Negara itu juga menjadi korban serangan rutin dari kelompok milisi Al-Shabaab yang terkait dengan Al-Qaeda.

Negara itu rentan dengan covid-19 karena konflik yang melanda serta lemahnya infrastruktur kesehatan.

Per Selasa (7/4), ada lebih dari 10.200 kasus positif covid-19 di 52 negara Afrika dengan 492 kematian. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT