26 March 2019, 23:00 WIB

Kapal Perang Filipina Bersandar di Tarakan


Ferdian Ananda Majni | Internasional

KAPAL Angkatan Laut Filipina, BRP General Mariano Alvarez (PS38), yang ikut melakukan kegiatan kerja sama patroli maritim terkoordinasi trilateral atau disebut Trilateral Maritime Patrol Indomalphi, berkesempatan bersandar di Pelabuhan Tarakan, Kalimantan Timur, 25-27 Maret 2019.

Atase Pertahanan dan Angkatan Bersenjata Kedutaan Besar Filipina, Kapten Zosimo M Bolanos, Jr, PN, ikut juga pada patroli yang melibatkan Indonesia, Malaysia, dan Filipina itu.

Keterangan tertulis Kedutaan Besar Filipina di Jakarta, Selasa (26/3), kegiatan bersama angkatan laut reguler yang diselenggarakan secara bergantian oleh Indonesia, Malaysia, dan Filipina di bawah kerangka kerja sama Trilateral Indomalphi.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkuat hubungan, meningkatkan kerja sama timbal balik dan interoperabilitas dari ketiga negara, melalui pengembangan aturan keterlibatan maritim gabungan.

Kerja sama Trilateral Maritime Patrol ini diadakan di Tarakan yang masuk Provinsi Kalimantan Utara. Kota yang berjarak 100 kilometer dari perbatasan dengan Malaysia. 

Posisi strategis selama Perang Pasifik dan kota transit serta perdagangan antara Indonesia dan Malaysia. (RO/A-4)

BERITA TERKAIT