22 June 2018, 09:00 WIB

Melania Trump Kunjungi Perbatasan AS-Meksiko


Basuki Eka Purnama | Internasional

IBU Negara Amerika Serikat (AS) Melania Trump melakukan kunjungan kejutan ke perbatasan AS-Meksiko, Kamis (21/6), saat pemerintahan suaminya berusaha menangkis badai kecaman terkait kebijakan memisahkan anak-anak imigran dengan orangtua mereka.

Melania mendarat di McAllen, Texas, saat hujan lebat. Mobil yang ditumpanginya harus melewati sejumlah genangan air dalam perjalanan menuju Upbring New Hope Children's Shelter, fasilitas milik pemerintah yang menamping sekitar 60 anak-anak asal Honduras dan El Salvador yang berusia antara lima dan 17 tahun.

Lawatan Melania itu dilakukan sehari setelah Trump secara mengejutkan mengeluarkan perintah eksekutif untuk mengakhiri praktik memisahkan keluarga imigran di perbatasan.

Gambar dan video anak-anak yang berteriak memanggil orangtua mereka di dalam tahanan mirip kandang telah memicu kemarahan dunia. Bahkan Melania menyerukan adanya kompromi politik untuk mengakhiri kebijakan imigrasi AS itu.

"Ini adalah 100% idenya. Dia ingin datang ke sini," ungkap Direktur Komunikasi Melania, Stephanie Grisham.

"Dia ingin melihat secara langsung. Dia mendukung penyatuan kembali keluarga yang terpisah. Menurutnya, sangat penting anak-anak disatukan dengan keluarga mereka," imbuhnya.

Meski Trump telah mengeluarkan perintah eksekutif, belum ada rencana untuk menyatukan lebih dari 2.300 anak-anak yang telah dipisahkan dari keluarga mereka sejak Mei lalu. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT