BMKG: Gempa Sukabumi Bersumber dari Zona Benioff


Atalya Puspa - 08 December 2022, 10:12 WIB

GEMPA berkekuatan 5,8 magnitudo mengguncang Sukabumi pada Kamis (8/12) pukul 07.50 WIB. Berdasarkan pemantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, gempa itu berasal di 22 kilometer Tenggara Sukabumi dengan kedalaman 104 kilometer.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryoni mengungkapkan gempa tersebut dipicu dari adanya deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia atau populer disebut sebagai gempa di zona benioff.

"Ini gempa dalam lempeng Indo-Australia atau gempa benioff. Ground motionnya memang lebih kuat dari gempa sekelasnya dari sumber lain," kata Daryono dalam keterangan resmi.

Baca juga: Pakar UGM : Rentetan Gempa Cianjur, Garut, Probolinggo Tidak Saling Terkait

Ia meminta agar masyarakat Jawa Barat jangan khawatir. Pasalnya, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami dan belum ada laporan kerusakan.

Adapun, berdasarkan pemantauan BMKG, gempa itu dirasakan di Rancaekek dengan skala IV MMI, dan dirasakan pula di Lembang, Bogor Bandung, Pangandaran, Padalarang, Cianjur dengan skala getara III MMI. Selain itu dirasakan di Sumur, Sukabumi, Jakarta Selatan, Garut, Bekasi dan Tangerang dengan skala II MMI. (OL-1)

BERITA TERKAIT