Respons Perubahan Iklim, CKB Group Hadirkan Program CSR 'Cinta Kepada Bumi'


mediaindonesia.com - 08 December 2022, 09:29 WIB

SEJUMLAH penelitan ilmiah mengungkapkan bahwa ekosistem mangrove terbukti mampu menyerap dan menyimpan karbon lebih tinggi hingga jutaan tahun melebihi kemampuan hutan tropis di daratan.

Mangrove yang dikenal dengan blue carbon merupakan salah satu pemegang peranan penting dalam mitigasi perubahan iklim.

Menyadari hal tersebut, perusahaan penyedia jasa logistik terintegrasi PT Cipta Krida Bahari (CKB Group) menghadirkan program Corporate Sustainability Responsible (CSR) “Cinta Kepada Bumi”.

Kegiatan program CSR 'Cinta Kepada Bumi' dipusatkan di sekitar area Adventure Land Romokalisari, Kota Surabaya.

Sejak Januari lalu, CKB Group telah melakukan pemantauan kondisi awal vegetasi mangrove di lahan seluas kurang lebih 1,5 hektare milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan ini melibatkan sejumlah pemangku kepentingan termasuk pelibatan tenaga ahli dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) masyarakat setempat.

Baca juga: PT AP I Bantu Sediakan Sarana Penunjang Ekowisata Mangrove

CKB Group telah bermitra dengan 2 KUB yang terdiri dari 120 orang dampingan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemerintah Kota Surabaya untuk membentuk komunitas penggiat mangrove serta melakukan penanaman dan perawatan 6.000 bibit pohon bakau.

Diharapkan melalui kemitraan strategis ini dapat tercapai beberapa poin tujuan pembangungan berkelanjutan (SDGs) yaitu pencegahan abrasi, pelestarian keanekaragaman hayati, pengurangan dampak polusi.

Selain itu,  tujuan SDGS memiliki potensi untuk menghasilkan komoditi bernilai ekonomis dari Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) berbasis pemberdayaan masyarakat seperti yang telah tertuang dalam amanah Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

 

 Iman Sjafei, Direktur Utama PT Cipta Krida Bahari (CKB Group) menjelaskan, hadirnya program ini merupakan bentuk kepedulian dan komitmen CKB Group dalam merespon perubahan iklim sekaligus untuk pengurangan emisi Gas Rumah Kaca di Tanah Air.

 “Sejalan dengan misi CKB Group untuk secara aktif terlibat dalam masyarakat sebagai warga korporat yang baik, kami senantiasa turut berupaya untuk menurunkan jejak karbon, sekaligus mendukung program pemerintah dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs) khususnya di bidang pemulihan ekosistem pesisir,” jelas Iman.

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi CKB Group dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur serta Pemerintah Kota Surabaya, yang turut didukung oleh sinergi entitas bisnis lainnya di ABM Group. 

“Terlaksananya kegiatan ini juga berkat kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang juga didukung penuh oleh entitas bisnis ABM lainnya yaitu PT Sanggar Sarana Baja (PT SSB), PT Cipta Kridatama (PT CK), dan PT Prima Wiguna Parama (PT PWP)," jelasnya.

"Selain itu, kegiatan ini juga menjadi kontribusi kami dalam mendorong sinergi CSR yang sesuai di dalam ekosistem Grup ABM,” tambah Iman.

 Senada dengan Iman, Andi Djajanegara selaku Direktur Utama PT ABM Investama Tbk., induk Perseroan CKB Group, mengatakan bahwa Grup ABM senantiasa berupaya optimal dalam menjalankan perannya sebagai warga korporat yang bertanggung jawab sebagai bagian dari elemen masyarakat.

“Terlaksananya kegiatan ini merupakan sebuah kolaborasi nyata dan bentuk sinergi dalam Grup ABM untuk saling mendukung satu sama lain dalam membangun kemitraan kepada seluruh stakeholder, terutama di area operasional Jawa Timur,” tutur Andi.

Menyambut baik terlaksananya program CSR Sinergi Cinta Kepada Bumi, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si selaku Gubernur Jatim  dalam sambutannya yang diwakili oleh Evy Afianasari, S.T., M.M., selaku Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim menjelaskan bahwa pemulihan ekosistem mangrove merupakan kerja kolaboratif lintas sektor dan melibatkan dukungan dari berbagai pihak di seluruh level, baik pemerintah, swasta dan masyarakat.

 “Semua pihak harus memiliki komitmen untuk bersinergi dalam pengelolaan mangrove, mulai dari pengkajian, penyusunan roadmap, pelaksanaan pengelolaan hingga sosialisasi yang terkoordinasi dan rehabilitasi," jelasnya.

"Saya mengapresiasi kepedulian CKB Group atas pelaksanaan kegiatan CSR ini dan saya berharap kegiatan ini bisa menjadi contoh baik untuk pelestasian lingkungan yang bisa memberikan dampak nyata bagi masyarakat Jawa Timur,” terang Evy. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT