Airlangga Beberkan Alasan Serapan Daerah Rendah Tahun Ini


Andhika Prasetyo - 01 December 2022, 23:39 WIB

MENTERI oordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan alasan mengapa serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) masih sangat rendah.

Ia menyebut ada sejumlah persoalan pada penetapan alokasi belanja. Sedianya, pada tahun ini, ada banyak pengeluaran yang ditujukan untuk penanganan covid-19. Namun pada kenyataannya, pandemi sudah semakin melandai sehingga anggaran tidak terserap.

"Salah satu kendalanya kemarin itu kan ada alokasi untuk penanganan covid-19 tapi sekarang relatif sudah bisa lebih tertangani," ujar Airlangga di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (1/12).

Sebagai gantinya, ia mengatakan dana tersebut akan dialihkan kepada program penanganan inflasi, utamanya untuk subsidi biaya transportasi.

"Kita minta alihkan untuk program lain termasuk penanganan inflasi, untuk subsidi transportasi sehingga angka inflasi tidak meningkat," ucap Ketua Umum Partai Golkar itu.

Ia optimistis serapan anggaran bisa dimaksimalkan pada satu bulan terakhir di 2022.

"Nanti kita akan dorong terus daerah. Kalau masih rendah tentu untuk tahun depan bisa dikurangi (anggarannya). Nanti kita lihat," pungkas Ketua Umum Partai Golkar itu. (OL-8)

BERITA TERKAIT