Saat Ini, Stok Vaksin Covid-19 Tersisa 5 Juta Dosis


M. Iqbal Al Machmudi - 30 September 2022, 23:41 WIB

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan bahwa saat ini, stok vaksin covid-19 di Indonesia tersisa 5 juta dosis.

"Stok vaksin yang tersedia sekitar 5 juta dosis, di mana sudah terdistribusi sebagian besar di daerah dan pusat," jelas Direktur Pelayanan dan Kefarmasian Kemenkes Dina Sintiaa Pamela, Jumat (30/9).

Baca juga: Efek Samping Vaksin Indovac dan AWcorna Hanya Pegal dan Nyeri Otot

Terdapat daerah dengan laju vaksinasi cepat, sehingga terjadi penipisan stok vaksin covid-19. Namun di lain sisi, ada daerah yang stok vaksinnya tinggi, karena laju vaksinasi covid-19 tidak terlalu cepat.

Berdasarkan data Kemenkes, kabupaten/kota dengan kekosongan stok vaksin, seperti Bener Meriah, Nias Barat, Pringsewu, Belitung, Ciamis dan Barito Kuala. Lalu, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Tanah Bumbu, Raja Ampat, Paniai, Mimika, Waropen dan Sawah Lunto.

Baca juga: Eliminasi Kemiskinan, Pemerintah Kejar Target 2024

Untuk memenuhi kebutuhan vaksin di daerah yang stoknya menipis, Kemenkes melakukan relokasi dari daerah dengan stok vaksin tinggi. "Ini sudah dilakukan selama beberapa kali. Terus diupayakan agar daerah yang kosong vaksinnya terpenuhi," imbuhnya.

Sementara itu, BPOM menerbitkan izin penggunaan darurat (EUA) terhadap dua produk vaksin covid-19, yakni AWcorna dan Indovac. Produksi vaksin Indovac diperkirakan mencapai 20 juta dosis per tahun. Sementara, produsen AWcorna masih menghitung estimasi produksi.(OL-11)

BERITA TERKAIT