Yuk Mengenal Jasmine Seymour, Ilustrator Buku Anak Terbaik Australia 2020


Joan Imanuella Hanna Pangemanan - 16 August 2022, 09:51 WIB

JASMINE Seymour merupakan seorang penulis dan ilustrator buku yang berasal dari Australia, lebih tepatnya Dharug, penduduk asli Australia Burubiranngal, keturunan dari Maria Lock dan Yarrimundi. 

Pada Senin (15/8), Seymour bersama Kedutaan Besar Australia di Jakarta berkesempatan untuk mengadakan acara peluncuran Pojok Baca Australia sekaligus mendongeng bersama anak.

Seymour telah menulis beberapa buku, di antaranya Baby Business yang juga diilustrasikannya dan membuatnya memperoleh penghargaan Dewan Buku Anak Australia (CBCA) sebagai Ilustrator Baru Terbaik tahun 2020. 

Baca juga: Baby Business dan Open Your Heart to Country, Dongeng Karya Jasmine Seymour

Selain itu, dia juga menulis buku Cooee Mittigar, yang mendapatkan penghargaan Prime Minister’s Literary Award 2020 dengan Mulgo Watson yang menjadi ilustratornya.

Dengan gelar master dalam pendidikan Bahasa Penduduk Asli, Seymour juga berprofesi sebagai guru bahasa Dharug dan aktivis bahasa. 

Dia juga merupakan seorang peneliti yang berkolaborasi dengan Grace Karskens pada proyek Real Secret River.

Seymour adalah salah satu kurator pada pameran Dyarubin di Perpustakaan Negara Bagian New South Wales. Tidak hanya itu, Seymour juga bekerja sebagai sekretaris Kelompok Konsultasi Pendidikan Aborigin Da Murrytoola (AECG) dan merupakan guru sekolah dasar di Sydney barat.

Seymour berkata “Saya suka membaca dan saya bergabung ke dalam klub buku perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga menjadi salah satu sukarelawan di sana.” 

Dia mulai menulis di sana sampai pada akhirnya dia berhasil menerbitkan 4 buku. 

“Ayah saya merupakan orang yang sangat kreatif dan kita anak-anaknya selalu mempunyai waktu untuk menggambar, jadi kami selalu menggambar tanpa belajar secara profesional. Lalu saya mencoba (menggambar ilustrasi),” tuturnya.

Seymour baru pertama kali menginjakkan kaki ke Indonesia dan bertemu dengan anak-anak dari beberapa sekolah dasar di Jakarta. 

“Jika kamu menginginkan sesuatu, kamu pasti bisa melakukannya,” tutupnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT