Newcastle Buat Peluang Arsenal Lolos ke Liga Champions Makin Berat


Basuki Eka Purnama - 17 May 2022, 04:42 WIB

ARSENAL tampaknya akan kembali gagal lolos ke Liga Champions untuk musim keenam secara beruntun setelah the Gunners kalah 2-0 dari Newcastle United di laga lanjutan Liga Primer Inggris di St James' Park, Selasa (17/5) dini hari WIB.

Arsenal, kini, tertinggal dua poin dari rival sekota mereka mereka, Tottenham Hotspur, saat kedua klub tinggal menyisakan satu laga di Liga Primer Inggris.

Spurs kini hanya butuh hasil imbang saat bertandang ke markas klub yang sudah pasti terdegradasi dari Liga Primer Inggris, Norwich City, Minggu (22/5), berkat selisih gol yang lebih apik dari Arsenal.

Baca juga: Guardiola Berharap Southampton Bisa Jegal Langkah Liverpool

Kekalahan Arsenal juga memastikan peringkat tiga klasemen Chelsea telah mengamankan tiket ke Liga Champions musim depan.

Gol bunuh diri Ben White dan gol larut Bruno Guimaraes memastikan kemenangan Newcastle atas Arsenal.

Penampilan Newcastle melawawan Arsenal menunjukkan anak-anak asuhan Eddie Howe layak dipertimbangkan di musim depan.

Hanya Manchester City dan Liverpool yang memenangkan lebih banyak poiin di Liga Primer Inggris sepanjang 2022 ketimbang Newcastle yang telah mulai menggelontorkan banyak uang di bursa transfer sejak dibeli oleh perusahaan Arab Saudi.

Belanja lebih besar diperkirakan akan dilakukan Newcastle dalam beberapa bulan ke depan. Namun, dompet belanja Arsenal dipastikan akan semakin sedikit setelah the Gunners gagal lolos ke Liga Champions musim depan.

Mikel Arteta sebenarnya sempat berada di posisi terdepan untuk lolos ke Liga Champions saat Liga Primer Inggris tinggal menyisakan tiga laga saat mereka unggul empat poin atas Spurs.

Namun, Spurs kemudian berhasil menang 3-0 dalam laga derbi London Utara, Jumat (13/5) dini hari WIB, untuk menekan Arsenal dan the Gunners gagal bangkit.

Dalam laga melawan Newcastle, Arsenal beruntung tidak kalah dengan skor yang lebih besar.

Di awal laga, Aaron Ramsdale nyaris dipermalukan saat upayanya menyapu bola berhasil diblok Miguel Almiron. Namun, penjaga gawang timnas Inggris itu berhasil menahan upaya Allan Saint-Maximin.

Tekanan tuan rumah akhirnya berbuah manis ketika umpan mendatar Joelinton malah membentur White dan masuk ke gawang sendiri.

Newcastle terus membombardir pertahanan Arsenal dan gol kedua mereka tercipta lima menit sebelum laga usai. Ramsdale sukses menahan upaya Callum Wilson namun bola muntah disambar Guimaraes, yang mencetak gol kelimanya untuk the Magpies sejak didatangkan di bursa transfer Januari lalu. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT