Toyota akan Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di AS


Mediaindonesia.com - 18 October 2021, 20:47 WIB

PRODUSEN mobil terbesar dunia Toyota mengumumkan rencana pada Senin (18/10) untuk menginvestasikan US$3,4 miliar berupa pabrik baterai kendaraan listrik di Amerika Serikat. 

Investasi sepanjang 10 tahun tersebut merupakan bagian dari proyek yang diumumkan bulan lalu oleh perusahaan Jepang untuk menggelontorkan 1,5 triliun yen (US$13,1 miliar). Ini untuk pengembangan dan pasokan baterai kendaraan listrik sebagai upaya mewujudkan bebas karbon.

"Komitmen Toyota untuk elektrifikasi yaitu mencapai lingkungan berkelanjutan, pekerjaan Amerika, dan konsumen," kata Ted Ogawa, chief executive officer di Toyota Motor North America.

Perusahaan tidak merinci rincian lebih lanjut seperti lokasi dan kapasitas produksi tetapi mengatakan akan mendirikan perusahaan baru untuk proyek AS.

Juni, Toyota mengatakan akan membuat produksinya netral karbon pada 2035. Ini menggantikan target sebelumnya pada 2050.

Toyota merupakan pelopor kendaraan hibrida, mobil yang menggunakan bahan bakar hidrogen, dan meningkatkan pengembangan mobil listrik bertenaga baterai.

Tahun lalu, mantan perdana menteri Jepang Yoshihide Suga menetapkan batas waktu 2050 bagi ekonomi terbesar ketiga di dunia itu untuk menuju netral karbon. Ini secara signifikan memperkuat komitmen negara itu terhadap perubahan iklim.

Baca juga: Ford Dorong Pabrik Inggris Topang Mobil Listrik di Eropa

Negara ini telah berjuang untuk mengurangi emisi karbon setelah mematikan reaktor menyusul kehancuran pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima pada 2011. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT