Tahapan Screening Massal dengan Rapid Test Korona


Caksono - 23 March 2020, 21:46 WIB

<< Geser untuk informasi lebih lanjut >>>

Pemerintah saat ini sudah menyiapkan rapid test kit untuk mendeteksi virus corona COVID-19 melalui screening massal.

  1. Pemeriksaan dengan kit (rapid test). Dilakukan pengambilan darah, kemudian sampel darah itu dimasukkan dalam kit. Dalam waktu kurang dari 2 menit akan didapatkan hasil positif maupun negatif.
  2. Pemeriksaan secara PCR apabila dinyatakan positif oleh kit. Apabila didapatkan hasil positif dari rapid test, pasien akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan PCR (polymerase chain reaction) untuk memastikan positif yang sesungguhnya.
  3. Isolasi diri di rumah jika tidak dinyatakan positif PCR. Pasien yang dinyatakan negatif PCR akan disarankan melakukan isolasi diri di rumah. Pemerintah akan melakukan monitoring dan pasien diberi panduan tentang ini. Seperti memakai masker, pasokan gizi cukup, jaga jarak dengan anggota keluarga lain.
  4. Isolasi di ruang perawatan. Bagi kasus positif dari pemeriksaan kit dan PCR akan disiapkan ruang rawat. Pemerintah saat ini sedang berusaha menambah jumlah ruang isolasi, dengan menyiapkan wisma atlet dan beberapa hotel. Termasuk partisipasi rumah sakit swasta dan RS BUMN.

 

BERITA TERKAIT