08 June 2023, 20:40 WIB

Pemilik Kulit Sensitif Bisa Gunakan Retinol Secara Bertahap


Putra Ananda |

PEMILIK kulit sensitif bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung retinol secara bertahap. Pakar dermatologi dr Claudia Christin, MBBS, Ph.D menyarankan pemakaian bertahap produk kandungan retinol untuk mengetahui tingkat toleransi kulit terhadap salah satu kandungan aktif itu.

"Mungkin bisa coba dua hingga tiga kali dulu dalam seminggu, baru ditingkatkan frekuensi pemakaiannya sesuai petunjuk pemakaiannya," kata dia di Jakarta, Kamis (8/6). 

Menurut Claudia, retinol yang merupakan turunan dari vitamin A diformulasikan untuk kulit yang tidak bisa menggunakan kandungan retinoic acid resep dokter, sehingga cenderung aman. Retinoic acid pada sebagian orang dapat berpotensi menyebabkan iritasi dan membuat kulit menjadi lebih kering serta kemerahan.

Baca juga : Lima Langkah Lindungi Kulit dari Teriknya Sinar Matahari 

Retinol yang dikatakan sebagai the king of ingredients dalam dunia perawatan kulit, sambung dia, dapat berfungsi meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga terjaga elastisitasnya. 

Baca juga : Pentingnya Tabir Surya untuk Menjaga Kesehatan Kulit

"Saat menjelang usia 25 tahun, produksi kolagen kita berkurang, minus satu persen setiap tahunnya. Jadi kita mau menggunakan kandungan yang bagus kolagen pada kulit supaya terjaga elastisitasnya," tutur Claudia. 

Dia membolehkan bila seseorang ingin membatasi penggunaan retinol misalnya dua hingga tiga kali saja dalam sepekan. Pun dengan mereka yang ingin menggunakan retinol setiap hari, terutama bila kulitnya tak menunjukkan masalah seperti munculnya tanda iritasi.

"Kalau kulitnya oke-oke saja, tidak ada tanda iritasi (retinol) boleh terus dipakai setiap hari untuk hasil optimal," kata dia. 

Claudia mengatakan, berbeda dengan penggunaan retinol, seseorang disarankan melakukan perawatan kulit setiap hari sama halnya seperti makan, mandi. Menurut dia, perawatan kulit sebaiknya menjadi gaya hidup.

Dia menambahkan, sebelum memutuskan memilih produk perawatan kulit tertentu, sebaiknya seseorang mengenali jenis kulitnya. Ini agar produk yang nantinya dipakai dapat sesuai dengan kebutuhan kulitnya. 

"Kenali dulu kulitnya, dan menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing. Kalau masih bingung bisa berkonsultasi langsung ke dokter jadi bisa diarahkan apa kandungan yang cocok," demikian kata dia. (ANT/Z-8)

BERITA TERKAIT