06 June 2023, 21:50 WIB

Isi Tata Surya dan Pengelompokan Planet


Wisnu Arto Subari |

BUMI ialah bagian dari sebuah sistem besar yang disebut Tata Surya. Ada banyak sistem planet seperti Tata Surya kita di alam semesta dengan planet yang mengorbit pada bintang induk. Sistem planet kita dinamai Tata Surya (dalam bahasa Inggris disebut Solar System) karena Matahari kita dinamai Sol yang berasal dari bahasa Latin untuk Matahari. Dalam bahasa Indonesia, Matahari juga kita sebut sebagai surya. 

Apakah dalam Tata Surya kita hanya ada planet-planet? Tata Surya kita tidak hanya berisi planet, tetapi juga benda-benda langit lain. Dilansir dari buku Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII karya Victoriani Inabuy dkk, menurut NASA (Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat), Tata Surya terdiri atas 8 planet, 5 planet kerdil, lebih dari 200 satelit, 995.369 asteroid, dan 3.679 komet. Setiap benda langit ini bergerak dengan orbit tertentu, terus menerus bergerak. 

Jarak Bumi-Matahari

Jarak rata-rata dari Bumi ke Matahari ialah 1 Satuan Astronomi (SA) atau dalam bahasa Inggris disebut Astronomical Unit (AU). Satu SA sama dengan 149.600.000 kilometer.

Baca juga: Karakteristik Delapan Planet dalam Tata Surya Kita

Jika kalian bergerak dengan kecepatan 100 kilometer per jam, berarti kalian akan membutuhkan waktu sekitar 170 tahun untuk menempuh perjalanan dari Bumi ke Matahari. 

Planet bergerak

Ada delapan planet dalam Tata Surya. Planet ialah anggota utama Tata Surya. Delapan planet itu dari yang terdekat Matahari ialah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. 

Baca juga: Mengenal Sistem Tata Surya dan Urutan Planet

Semua planet bergerak. Gerakannya ada yang disebut revolusi dan ada yang disebut rotasi.

Gerak revolusi adalah gerakan planet mengitari Matahari. Sedangkan gerak rotasi adalah gerakan planet yang berputar pada sumbunya. Setiap planet punya waktu bergerak dengan periode tertentu. 

Pengelompokan planet

Para ilmuwan membagi planet-planet dalam Tata Surya pada beberapa pengelompokan. Pengelompokan pertama menggunakan Bumi sebagai pembatasnya. Pada pengelompokan ini, ada dua kelompok yaitu Planet Inferior dan Planet Superior.

Baca juga: Benda-Benda Langit dalam Tata Surya selain Planet

Planet Inferior ialah planet-planet yang letaknya di antara Matahari dan Bumi, yaitu Merkurius dan Venus. Adapun Planet Superior ialah planet-planet yang letaknya setelah Bumi, yaitu Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. 

Pengelompokan kedua menggunakan lintasan asteroid sebagai pembatasnya. Kelompok Planet Dalam merupakan planet-planet yang berada dalam orbit lintasan asteroid, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Kelompok Planet Luar berada di luar orbit lintasan asteroid, beranggotakan Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Pengelompokan ketiga, meski dengan pembagian planet yang sama dengan pengelompokan kedua, dilakukan berdasarkan ukuran dan komposisi zat pembentuknya. Kelompok Planet Terestrial (juga biasanya disebut Planet Kuno-Ancient Planets) merupakan planet-planet yang dapat diamati tanpa alat bantu, dan terdiri atas batuan sebagai bahan penyusunnya. Kelompok Planet Jovian (disebut juga Planet Raksasa Gas-The Gas Giants) merupakan planet-planet besar yang tersusun dari gas. (Z-2)

BERITA TERKAIT