30 May 2023, 17:01 WIB

Sosialisasikan Program WHG, Mahasiswa UKI Berkesempatan Bekerja di Jerman


Media Indonesia |

MAHASISWA Universitas Kristen Indonesia (UKI) berkesempatan mendapat pengalaman bekerja di Jerman melalui program Working Holiday Germany (WHG) 2023. Melalui Kantor Urusan Internasional, UKI bekerja sama dengan PT Sinar Harapan Bangsa Kita. 

Sebelumnya penandatanganan Memorandum of Understanding dilaksanakan tanggal 8 Mei 2023 dan sosialisasi lebih lanjut dilaksanakan di Ruang Video Conference, Gedung AB, UKI Jakarta, pada Senin (29/5).

Working Holiday Germany adalah program bekerja singkat untuk mahasiswa pada periode liburan di negara Jerman yang diperuntukan bagi pelajar D3/S1/S2/S3 aktif dari berbagai negara dan salah satunya adalah Indonesia.

Baca juga: UKI Beri Edukasi Digital kepada UMKM guna Tingkatkan Produktivitas

Mewakili Wakil Rektor UKI bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Kepala UPT Kantor Urusan Internasional, Asri Purnamasari, S.Pd., M.Ed. in TESOL., menyambut dengan baik mahasiswa UKI yang mendaftar pada program ini.

“Sebanyak 80 mahasiswa UKI yang mendaftar program ini dapat mendengarkan arahan lebih detail dari PT Sinar Harapan Bangsa Kita, mengenai berkas pendaftaran yang harus dikumpulkan. Kami berharap mahasiswa dapat bertanggung jawab atas program yang diikuti,” ujar Asri Purnamasari.

Program WHG Beri Pengalaman Mahasiswa Bekerja di Jerman

Program Working Holiday Germany memberikan pengalaman mahasiswa bekerja di Jerman sehingga mendapat pengalaman karier internasional.

“Dalam program ini juga mahasiswa Indonesia mendapatkan pengalaman berinteraksi dengan mahasiswa Jerman dan dari negara lain. Serta memperoleh penghasilan tambahan dari pekerjaan terkait dan melatih kepercayaan diri berbahasa asing,” jelas Asri.

Baca juga: IKA MIH UKI Siap Bantu Pengembangan Kualitas Lulusan Magister Hukum UKI

Hadir dalam kegiatan ini Ernessia (Koordinator FeirenJob Sinar Harapan Bangsa Kita ) dan dan Kepala UPT Kantor Urusan Internasional, Asri Purnamasari, S.Pd., M.Ed. in TESOL.

Ernessia selaku Koordinator FeirenJob Sinar Harapan Bangsa Kita mengutarakan program Working Holiday Germany merupakan program kerja sama resmi antara Pemerintah Indonesia dan Jerman serta dengan universitas-universitas pilihan. 

“Dalam program ini, mahasiswa mendapatkan perlindungan hak-hak tenaga kerja sesuai dengan hukum yang berlaku di Jerman. Para peserta program akan mendapatkan visa khusus untuk bekerja sambil berlibur di Jerman, dan diharapkan dapat mengikuti program ini dengan baik serta mematuhi semua aturan dan regulasi yang berlaku di Jerman,” jelas Ernessia.

Baca juga: Tingkatkan Perolehan Akreditasi Internasional, UKI Kolaborasi dengan FIBAA

Ernessia menjelaskan program ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat mahasiswa untuk bisa melanjutkan jenjang studi atau bekerja secara profesional di Jerman kelak. 

“Kami berharap program ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa Indonesia, dan dapat menjadi langkah baik untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dan Jerman,” jelas Ernessia. (RO/S-4)

BERITA TERKAIT